TY - THES N1 - Pembimbing : Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag ID - digilib11230 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11230/ A1 - BAHRUM FAWAIZ , NIM. 09470034 Y1 - 2014/01/09/ N2 - Bahrum Fawaiz. Konsep Pendidikan Era Globalisasi Menurup H.A.R.Tilaar. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan atas penyelenggaraan pendidikan yang jauh dari harapan. Pendidikan yang seharusnya mengembangkan potensi-potensi, bakat dan minat para peserta-didik, serta menjadikan mereka dewasa, namun yang terjadi sebaliknya. Pendidikan nasional kurang memaknai undang-undang dasar 1945 dan juga pendidikan yang kurang memihak pada kebutuhan peserta didik melalui kebijakan dan isu-isu kekinian seperti evaluasi pendidikan, kurikulum pendidikan, standar isi pendidikan, dan kebijakan lain dalam pendidikan. Praktik pendidikan yang tidak sesuai dengan kebutuhan realitas yang ada. Sehingga pendidikan tidak lagi berpijak pada masyarat. pendidikan yang berpihak pada masyarakat, didikung oleh pemerintah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat peserta-didik ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu membentuk kehidupan masyarakat yang cerdas. Penelitian ini merupakan penelitian Liberary Reseach dengan objek penelitiannya adalah kepustakaan, baik buku, artikel, surat kabar dan lain-lain. Proses pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan teknik dokumenter yaitu cara untuk mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip termasuk juga buku tentang teori, pendapat, dalil atau hukum, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan historis-filosofis dan juga metode analisa mengunakan content analisys atau analisis isi. Pendekatan ini dianggap releven karena objek kajian dalam penelitian ini merupakan pemikiran tokoh, yang membutuhkan pendekatan historis untuk mengkaji biografi dan pran sang tokoh. Pendekatan filosofis untuk mengurai persoalan-persoalan yang mendasar dari pemikiran dan gagasan oleh sang tokoh. Sedangkan analisa untuk menganalisis pemikiran sang tokoh juga relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini adalah: perencanaan pendidikan yang mengembangkan potensi peserta-didik agar menjadi masyarakat yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab. Dalam konsep pendidian era globalisasi ini H.A.R. Tilaar memiliki tiga perencanaan yaitu: (1) standar kurikulum, (2) standar isi, (3) kesempatan belajar Perencanaan pendidikan menurut H.A.R. Tilaar mempunyai titik temu dengan pendidikan Islam yaitu dalam Q.S. Ar-Rum: 30 bahwa Alloh menciptakan manusia menurut fitrahnya. Ini artinya manusia memiliki potensi. Dalam surat Q.S. Al-Muddatsir: 38 bahwa tiap-tiap manusia bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya. Ini bermaksud bahwa manusia di beri kebebasan untuk melakukan sesuatu yang di kehendakinya, namun kebebasan tersebut harus bisa dipertanggung jawabkan. Dalam Q.S. Al-Baqarah: 30 bahwa manusia di ciptakan oleh Alloh untuk menjadi khalifah. Artinya manusia menjadi pemimpin di dalam kehidupannya termasuk juga dalam pendidikan. Dari analisis pendidikan menurut H.A.R. Tilaar dan relevansinya dengan pendidikan Islam diantaranya dalam hakekat pendidikan, tujuan pendidikan, hakekat peserta didik, hakekat pendidik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Pendidikan Era Globalisasi KW - pendidikan nasional KW - H.A.R. Tilaar. M1 - skripsi TI - KONSEP PENDIDIKAN ERA GLOBALISASI MENURUT H.A.R. TILAAR AV - restricted ER -