eprintid: 11232
rev_number: 33
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/12/32
datestamp: 2014-03-22 03:17:44
lastmod: 2017-02-14 03:12:35
status_changed: 2014-03-22 03:17:44
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: CHANDRA DEVI RAHMAWATI, NIM.  09480122
title: PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MADRASAH
IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL
ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Kata Kunci : Peran, Prestasi, PKn
note: Pembimbing : Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
abstract: CHANDRA DEVI RAHMAWATI. Peran Orang Tua Dan Guru Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif Patalan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai peningkatan prestasi belajar
siswa yang dibuktikan dengan nilai yang mencapai KKM dan mampu menjuarai
lomba, hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran orang tua dan guru. Oleh karena itu
penulis tertarik melakukan penelitian peran orang tua dan guru dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV yang bertempat di MI
Ma’arif Patalan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran yang dilakukan
orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Mengetahui
peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV MI Ma’arif
Patalan; (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung peran orang tua dan guru
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peran orang tua dan guru dalam meningkatkan
prestasi belajar diantaranya: (a) Mendampingi, seperti mendampingi siswa belajar,
baik di rumah atau saat pembelajaran. (b) Memberikan fasilitas yang dibutuhkan,
seperti membelikan alat-alat sekolah, memberikan buku-buku penunjang, mobil antar
jemput siswa dan pelayanan prima. (c) memberikan motivasi, seperti memberi
semangat dan nasihat, memberikan hadiah. (d) Mengontrol dan mengarahkan, seperti
mengontrol buku, membatasi kegiatan anak, mengontrol dari aspek prestasi,
kepribadian dan mata pelajaran. (2) Peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran
PKn, yang dapat mencapai KKM bahkan melebihi. (3) Faktor pendukung meliputi
adanya pelatihan guru, lingkungan yang kondusif, antusias orang tua, dan
pendampingan spiritual. Faktor penghambat meliputi ekonomi keluarga kurang dan
lokal MI yang sempit.
date: 2014-02-09
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
citation:   CHANDRA DEVI RAHMAWATI, NIM. 09480122  (2014) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11232/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11232/31/BAB%20II%2C%20III.pdf