%0 Thesis
%9 Skripsi
%A CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH, NIM. 10410006
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:11233
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%T PENYELENGGARAAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN  BERBASIS SCHOOL-BASED MANAGEMENT DAN DAMPAKNYA  DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1  YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11233/
%X CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH. Penyelenggaraan  Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis School-Based Management dan  Dampaknya dalam Manajemen Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Yogyakarta.  Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,  2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen  mutu pendidikan berbasis school-based management, pelaksanaan pembelajaran,  mengetahui evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran PAI sebagai dampak dari  mutu pendidikan berbasis school-based management di SMP Negeri 1  Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan  referensi manajemen pembelajaran PAI sebagai dampak dari manajemen mutu  pendidikan berbasis school-based management.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapangan  (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan naturalistik alamiah yaitu pendekatan yang berbentuk observasi yang  dilakukan tanpa adanya campur tangan sama sekali dari pihak peneliti. Teknik  pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan  metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan  analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian  data dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya.Analisis data dalam penelitian  kualitatif merupakan proses penyederhanaan data dalam bentuk yang mudah dibaca  dan diintepretasikan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan manajemen mutu  pendidikan berbasis school-based management mengacu pada fungsi manajemen  yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Fungsi tersebut  ditemukan dalam aspek sekolah. Implementasi manajemen mutu ditempuh dengan  cara pembentukan kerjasama antar tiap-tiap unit kerja sekolah 2). Pembelajaran  PAI sebagai dampak pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis schoolbased  management mengacu pada fungsi manajemen yakni perencanaan dan  pelaksanaan pembelajaran PAI. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek delapan  Standar Nasional Pendidikan (SNP). Implementasi pembelajaran PAI ditempuh  dengan cara menyiapkan adminsitrasi pembelajaran. 3). Evaluasi dan tindak lanjut  pembelajaran PAI sebagai dampak manajemen mutu pendidikan berbasis schoolbased  management mengacu pada fungsi manajemen yakni evaluasi dan tindak  lanjut pembelajaran PAI. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek delapan SNP.  Implementasi evaluasi ditempuh dengan tes lisan dan tes tertulis setelah  pembelajaran, pemberian tugas, pre tes sebelum pelajaran, ulangan harian sampai  ujian sekolah. Implementasi tindak lanjut ditempuh dengan cara rapat tindak  lanjut pembelajaran bersama guru mata pelajaran lain dan unit kerja sekolah yang  hasilnya memberi masukan-masukan kepada guru PAI yang memiliki masalah  dalam belajar dan cara agar tetap mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa.
%Z Pembimbing : Drs. Suwadi, M.Ag, M.Pd.