%A NIM. 10410006 CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH
%O Pembimbing : Drs. Suwadi, M.Ag, M.Pd.
%T PENYELENGGARAAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
BERBASIS SCHOOL-BASED MANAGEMENT DAN DAMPAKNYA
DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1
YOGYAKARTA
%X CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH. Penyelenggaraan
Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis School-Based Management dan
Dampaknya dalam Manajemen Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,
2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen
mutu pendidikan berbasis school-based management, pelaksanaan pembelajaran,
mengetahui evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran PAI sebagai dampak dari
mutu pendidikan berbasis school-based management di SMP Negeri 1
Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan
referensi manajemen pembelajaran PAI sebagai dampak dari manajemen mutu
pendidikan berbasis school-based management.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapangan
(field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan naturalistik alamiah yaitu pendekatan yang berbentuk observasi yang
dilakukan tanpa adanya campur tangan sama sekali dari pihak peneliti. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan
metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan
analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian
data dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya.Analisis data dalam penelitian
kualitatif merupakan proses penyederhanaan data dalam bentuk yang mudah dibaca
dan diintepretasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan manajemen mutu
pendidikan berbasis school-based management mengacu pada fungsi manajemen
yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Fungsi tersebut
ditemukan dalam aspek sekolah. Implementasi manajemen mutu ditempuh dengan
cara pembentukan kerjasama antar tiap-tiap unit kerja sekolah 2). Pembelajaran
PAI sebagai dampak pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis schoolbased
management mengacu pada fungsi manajemen yakni perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran PAI. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek delapan
Standar Nasional Pendidikan (SNP). Implementasi pembelajaran PAI ditempuh
dengan cara menyiapkan adminsitrasi pembelajaran. 3). Evaluasi dan tindak lanjut
pembelajaran PAI sebagai dampak manajemen mutu pendidikan berbasis schoolbased
management mengacu pada fungsi manajemen yakni evaluasi dan tindak
lanjut pembelajaran PAI. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek delapan SNP.
Implementasi evaluasi ditempuh dengan tes lisan dan tes tertulis setelah
pembelajaran, pemberian tugas, pre tes sebelum pelajaran, ulangan harian sampai
ujian sekolah. Implementasi tindak lanjut ditempuh dengan cara rapat tindak
lanjut pembelajaran bersama guru mata pelajaran lain dan unit kerja sekolah yang
hasilnya memberi masukan-masukan kepada guru PAI yang memiliki masalah
dalam belajar dan cara agar tetap mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa.
%D 2014
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib11233