%A NIM. 10410006 CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH %O Pembimbing : Drs. Suwadi, M.Ag, M.Pd. %T PENYELENGGARAAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS SCHOOL-BASED MANAGEMENT DAN DAMPAKNYA DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA %X CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH. Penyelenggaraan Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis School-Based Management dan Dampaknya dalam Manajemen Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis school-based management, pelaksanaan pembelajaran, mengetahui evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran PAI sebagai dampak dari mutu pendidikan berbasis school-based management di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi manajemen pembelajaran PAI sebagai dampak dari manajemen mutu pendidikan berbasis school-based management. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistik alamiah yaitu pendekatan yang berbentuk observasi yang dilakukan tanpa adanya campur tangan sama sekali dari pihak peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya.Analisis data dalam penelitian kualitatif merupakan proses penyederhanaan data dalam bentuk yang mudah dibaca dan diintepretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis school-based management mengacu pada fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek sekolah. Implementasi manajemen mutu ditempuh dengan cara pembentukan kerjasama antar tiap-tiap unit kerja sekolah 2). Pembelajaran PAI sebagai dampak pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis schoolbased management mengacu pada fungsi manajemen yakni perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Implementasi pembelajaran PAI ditempuh dengan cara menyiapkan adminsitrasi pembelajaran. 3). Evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran PAI sebagai dampak manajemen mutu pendidikan berbasis schoolbased management mengacu pada fungsi manajemen yakni evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran PAI. Fungsi tersebut ditemukan dalam aspek delapan SNP. Implementasi evaluasi ditempuh dengan tes lisan dan tes tertulis setelah pembelajaran, pemberian tugas, pre tes sebelum pelajaran, ulangan harian sampai ujian sekolah. Implementasi tindak lanjut ditempuh dengan cara rapat tindak lanjut pembelajaran bersama guru mata pelajaran lain dan unit kerja sekolah yang hasilnya memberi masukan-masukan kepada guru PAI yang memiliki masalah dalam belajar dan cara agar tetap mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11233