@phdthesis{digilib11235, month = {February}, title = { EFEKTIVITAS METODE ODOA (ONE DAY ONE AYAT) DALAM MENGHAFAL AL-QUR?AN BAGI SISWA KELAS IV SDN KARANGTENGAH 02 WERU SUKOHARJO }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410090 DESI NOVITASARI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag. }, keywords = {Kata kunci: Efektivitas, Metode ODOA (One Day One Ayat), Menghafal Al-Qur?an. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11235/}, abstract = {DESI NOVITASARI. Efektivitas Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Menghafal Al-Qur?an bagi Siswa Kelas IV SDN Karangtengah 02 Weru Sukoharjo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa selama ini metode dalam menghafalkan Al-Qur?an cenderung mengoptimalkan kerja otak kiri. Sehingga menghafal Al-Qur?an menjadi suatu aktivitas yang kurang menyenangkan. SDN Karangtengah 02 mengembangkan metode ODOA (One Day One Ayat) dalam menghafalkan Al-Qur?an yang merupakan teknik alternatif yang lebih menyenangkan. Program yang diselenggarakan oleh SDN Karangtengah 02 tersebut tidak banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan lain. Biasanya sekolah lain hanya memasukkan program BTA (Baca Tulis Al-Qur?an). Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode ODOA, sejauhmana efektivitas metode ODOA, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode ODOA dalam menghafal Al-Qur?an bagi siswa kelas IV SDN Karangtengah 02 Weru Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDN Karangtengah 02 Weru, Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara berpartisipasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam menghafal Al-Qur?an bagi siswa kelas IV yang digunakan di SDN Karangtengah 02 dengan menggunakan salah satu model dalam metode ODOA yakni talaqq{\=i} atau musy{\=a}fa{\d h}ah, potret, titian ingatan, sistem cantol, gerakan dan kisah. (2) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap nilai yang diperoleh siswa kelas IV SDN Karangtengah 02 dalam pembelajaran Ta{\d h}f{\=i}{\.z}ul Qur?an menunjukkan bahwa metode yang digunakan yakni metode ODOA (One Day One Ayat) dalam menghafal Al-Qur?an efektif. Hal ini ditunjukkan dengan capaian skor siswa yang telah mencapai batas KKM. (3) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan metode ODOA (One Day One Ayat) adalah faktor usia siswa yang masih kecil sehingga sangat tepat menanamkan pendidikan Al-Qur?an, minat dan motivasi siswa untuk menghafal Al-Qur?an yang tinggi, perhatian guru untuk mendorong siswa dalam menghafal Al-Qur?an, fasilitas yang memadai, lingkungan yang mendukung, dan pendekatan pembelajaran Ta{\d h}f{\=i}{\.z}ul Qur?an yang bervariasi. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan metode ODOA (One Day One Ayat) meliputi, siswa lebih senang bermain-main, siswa kurang dapat mengatur waktu, dan perhatian orang tua yang kurang. } }