TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Wiji Hidayati, M. Ag. ID - digilib11238 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11238/ A1 - DWI HASTUTI PUNGKASARI , NIM. 10470009 Y1 - 2014/01/09/ N2 - Dwi Hastuti Pungkasari. Konsep Reward and Punishment dalam Teori Pembelajaran Behavioristik dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini berdasarkan fenomena akan banyaknya kasus penyalahgunaan metode hukuman (dan ganjaran) dalam dunia pendidikan. Sehingga timbul banyak masalah terkait dengart penggunaan metode ini seperti kasus-kasus pemukulan dan hukuman yang berlebihan dalam dunia pendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah: (1) menjelaskan tentang konsep reward and punishment dalam teori pembelajaran behavioristik; (2) menjelaskan konsep hukuman dan ganjaran dalam pendidikan Islam khususnya dalam sekolah dan keluarga; (3) menjelaskan hubungan relevansi antara konsep reward and punishment dalam teori pembelajaran behavioristik dan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini acialah psikologis-paedagogis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) reward (atau yang dalam teori pembelajaran behavioristik termasuk bentuk reinforcement) and punishment merupakan bentuk konsekuensi yang mengikuti sebuah perilaku. Reward berfungsi untuk memperkuat perilaku positif sedangkan punishment digunakan untuk menekan perilaku negatif agar tidak terulang lagi; (2) hukuman dan ganjaran merupakan salah satu metode yang diakui dalam pendidikan Banyak ayat-ayat Al-Qur'an maupun hadits yang mengisyaratkan hukuman dan ganjaran sebagai metode mendidik. Hukuman dan ganjaran diberikan sebagai bentuk konsekuensi terhadap anak yang menunjukkan adanya perilaku negatif atau positif; (3) adanya hubungan yang relevan antara konsep reward and punishment dalam teori pembelajaran behavioristik dengan konsep hukuman dan ganjaran dalam pendidikan Islam. Hukuman dan ganjaran diberikan sebagai sebuah konsekuensi untuk pembinaan umat serta merupakan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, hukuman dan ganjaran dalam teori pembelajaran behavioristik akan relevan jika dihubungkan dengan penerapannya dalam pendidikan Islam di keluarga dan sekolah sesuai dengan ayat-ayat clan hadis-hadis yang sesuai. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: reward and punishment KW - konsekuensi KW - behavioristik KW - Pendidikan Islam M1 - skripsi TI - KONSEP REWARD AND PUNISHMENT DALAM TEORI PEMBELAJARAN BEHAVIORISTIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM AV - restricted ER -