@phdthesis{digilib11239, month = {February}, title = {METODE PEMBELAJARAN KITAB SYAR\_U KAIL{\u A}N{\=I} ?IZZ{\=I} KARYA ALI IBNU HISYAM AL-KAYLANI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420144 DWI RAHMAWATI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11239/}, abstract = {Dwi Rahmawati, Metode Pembelajaran Kitab Syar\_u Kail{\=a}n{\=i} ?Izz{\=i} Karya Ali Ibnu Hisyam Al-Kaylani di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan guru dalam pembelajaran kitab Syar\_u Kail{\=a}n{\=i} ?Izz{\=i} karya Ali Ibn Hisyam Al-Kailani di kelas III Mar\_alah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta, hasil yang dicapai peserta didik dala mata pelajaran tersebut dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajaran kitab Syar\_u Kail{\=a}n{\=i} ?Izz{\=i} di kelas III Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis induktif yaitu dengan menganalisis data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kitab Syar\_u Kail{\=a}n{\=i} ?Izz{\=i} digunakan dalam pembelajaran sharaf di kelas III Marhalah II. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kitab ini adalah metode Grammar Translation Method (\_{\=a}riqah al- Qaw{\=a}?id Wa al- Tarjamah). Hasil belajar siswa kelas III M II dalam pembelajaran tersebut adalah Baik dengan nilai rata-rata kelas 65. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran kitab Syar\_u Kail{\=a}n{\=i} ?Izz{\=i} tersebut adalah: Adanya minat dan semangat ustadzah yang tinggi, penjelasan yang dilakukan oleh teman sebaya, dan sumber belajar yang tidak terbatas, sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi siswa yang kelelahan sehingga kurang bisa konsentrasi dalam pembelajaran dan belum adanya kurikulum yang jelas dalam pembelajaran. } }