@phdthesis{digilib11242, month = {February}, title = {POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (KAJIAN KITAB TARBIYAH AL-AUL{\=A}D F{\=I} ALISL{\=A}M KARYA ABDULLAH NASHIH ULWAN) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 10471008 EKA NIRMALASARI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI}, keywords = {Kata kunci: Pola asuh orang tua, kecerdasan emosional, Abdullah NashihUlwan. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11242/}, abstract = {Eka Nirmalasari, Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Anak (Kajian Kitab Tarbiyah Al-Aul{\=a}d F{\=i} Al-Isl{\=a}m Karya Abdullah Nashih Ulwan). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis, bagaimana pola asuh orang tua dalam membentuk kecerdasan emosional anak, yang ditawarkan oleh Abdullah Nashih Ulwan dalam salah satu karangannya yang berjudul "Tarbiyah Al-Aul{\=a}d F{\=i} Al-Isl{\=a}m". Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan bagaimana konsep pola asuh orang tua dalam membentuk kecerdasan emosional anak menurut Abdullah Nashih Ulwan yang meliputi tujuan, pengertian, materi, dan metode, agar dapat dipergunakan sebagai penyempurnaan penerapan pendidikan Islam, terutama tentang materinya. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (Penelitian Kepustakaan) melalui tinjauan historis dan psikologis-paedagogis, dengan obyek penelitiannya yaitu salah satu kitab Abdullah Nashih Ulwan yang berjudul "Tarbiyah Al-Aul{\=a}d F{\=i} Al-Isl{\=a}m". Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data-data yang terdapat diberbagai literatur. Penekanan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menemukan berbagai prinsip, dalil, teori, pendapat, dan gagasan Abdullah Nashih Ulwan yang tertuang dalam kitab tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konsep pola asuh orang tua tercermin dari cara orang tua berkomunikasi dan bersosialisasi dengan anak, menerapkan berbagai aturan, disiplin, pemberian ganjaran, dan hukuman, juga cara orang tua menerapkan kekuasaan dan perhatian terhadap keinginan anak 2) Materi tentang kecerdasan emosional anak menurut Abdullah Nashih Ulwan meliputi dua ranah yaitu pendidikan moral dan sosial. Tujuan dari pendidikan moral dan sosial ini adalah agar seorang anak tampil di masyarakat sebagai generasi yang mampu berinteraksi sosial dengan baik, beradab, seimbang, berakal yang matang, berakhlak dan berperilaku yang bijaksana. Seoranng naka yang mempunyai kecerdasan emosional maka ia akan mempunyai jiwa sosial yang tinnggi, akhlak dan perilaku yang mulia, beradab dan bermoral sesuai dengan aturan masyarakat, dan bijaksana dalam setiap tindakan dan pemikirannya 3) adapun metode pendidikan dalam membentuk kecerdasan emosional bagi anak yang ditawarkan Abdullah Nashih Ulwan dalam kitabnya tersebut antara lain, mendidik dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasehat, pemberian perhatian, dan pemberian hukuman. Berbagai metode pendidikan yang ditawarkan Abdullah Nashih Ulwan tersebut masih relevan jika diterapkan dalam pendidikan Islam sesuai dengan konteks materi yang akan disampaikan. } }