eprintid: 11246 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/46 datestamp: 2014-03-22 04:30:01 lastmod: 2014-03-22 04:30:01 status_changed: 2014-03-22 04:30:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ESTI DAMAYANTI , NIM. 10410091 title: PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU TARIKH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Muqowim, M. Ag. abstract: ESTI DAMA Y ANTI. Peran Interaksi Edukatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di SMP Muhammadiyah 3 Depok diadakan pembelajaran Tarikh yang bertujuan untuk memberikan kemampuan dan pengetahuan kepada siswa agar bisa memahami nilai positif dari setiap materi yang diajarkan dengan penuh semangat dan rasa senang. Namun sebagian siswa dalam mengikuti pelajaran sering sekali mengalami kejenuhan atau kebosanan di kelas. interaksi edukatif merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk menciptakan motivasi pembelajaran yang aktif, kreatif, efisien, dan efektif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa konsep interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa guna menumbuhkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep interaksi edukatif dalam pembelajaran Tarikh dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Tarikh guna menumbuhkan motivasi belajar di SMP Muhammadiyah 3 Depok Slenan Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi belajar, yaitu pendekatan yang meliputi aspek kejiwaan yang ada dalam diri siswa baik fisik maupun psikis yang berhubungan dengan perilaku di dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh. Untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedang pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep interaksi edukatif yang diterapkan guru Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman adalah menciptakan pembelajaran yang aktif baik sikap maupun mental. (2) Penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran tarikh guna menumbuhkan motivasi belajar siswa tidak lepas dari pemahaman guru terhadap siswa, tatap muka di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, komunikasi aktif antara guru dengan siswa terkait materi yang disampaikan . Adapun bentuk motivasi yang diberikan dalam menunjang pembelajaran Tarikh adalah dengan memberi angka, memberi pujian, ego involvement, menciptakan iklim kompetisi, memberitahukan hasil, dan memberi hukuman kepada siswa . yang nakal. date: 2014-02-09 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ESTI DAMAYANTI , NIM. 10410091 (2014) PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU TARIKH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246/21/small.jpg