%A NIM. 10410153 FATKHATUL ALIYAH %O Pembimbing : Prof.Dr. Maragustam,M.A. %T PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA %X FATKHATUL ALIYAH, Pendidikan Karakter dengan pendekatan, pembelajaran Multiple Intelligences di SD al-Azhar 31 Yogyakarta. Skripsi . Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar Belakang penelitian ini adalah pendidikan bukan hanya bertujuan menjadikan peserta didik memiliki kemampuan intelektual tetapi juga kemampuan moral. Dalam pengembangannya karakter merupakan hal terpenting yang essensial sebagai identitas individu yang akan mengarahkan dalam pembentukan dirinya dengan berbagai kecerdasan, potensi dan talenta yang dikembangkan dan dihargai melalui proses pembelajaran. Proses pembangunan karakter dengan kecerdasan jamak akan membentuk dan menggembleng peserta didik sesuai bakat dan kemampuannya masing-masing, sehingga mereka dapat menemukan akhir yang terbaik, dapat membangun kehidupan yang berguna dan bermakna. Sekolah yang penulis teliti merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran yang berbasis multiple intelligences yang kaya akan nilai karakternya.Proses pembelajaranya melibatkan siswa secara aktif dalam implementasi nilai-nilai kebajikan dengan memperhatikan modalitas kecerdasan jamak dan menggunakan berbagai strategi, sehingga peserta didik dapat memahami, merasakan, dan mau berperilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan diskripsi mengenai proses pendidikan karakter dengan pendekatan pembelajaran multiple intelligences. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data kasar yang terjadi di lapangan, kemudian disajikan dan disimpulkan berdasarkan analisis penulis. Hasilpenelitian menunjukkan implementasi pendidikan karakter dilaksanakan dengan cara peserta didik belajar aktif, peserta didik diajak berefleksi, berimajinasi, berdialog, berkomunikasi, berkreasi, membuat tulisan, menyatakan diri lewat seni, dan bermain-main dengan nilai yang diajarkan. Adapun strategi yang dipakai adalah: Telling dan listening story, true or false, watching video, desribing picture, membuat komik, game, quiz team, bernyanyi, membuat catatan pribadi, festival budaya jawa, the power of two, sight seing in the school environment, nature walks. Evaluasi yang digunakan adalah: Anecdotal record, Papan reward and punishment, Raport kepribadian muslim. Hasil yang penulis dapatkan berdasarkan wawancara mendalam dengan guru , peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku konsisten prosentase untuk karakter religius 73%, jujur 80%, disiplin 47%, kreatif 13%, mandiri 43 %, demokratis 100%, bersahabat 23%, peduli lingkungan 27%, peduli sosial 10%, tanggung jawab 53%. Peserta didik sudah memeperilihatkan berbagai tanda perilaku dan mulai konsisten prosentase untuk karakter religius 27%, jujur 20%, disiplin 33%, kreatif 87%, mandiri 37 %, cinta tanah air 93%, bersahabat 43%, peduli lingkungan 33%, peduli sosial 80%, tanggung jawab 47%. Peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku, akan tetapi, perilakunya belum konsisten prosentase untuk karakter disiplin 20%, mandiri 20 %, cinta tanah air 7%, bersahabat 23 %, peduli lingkungan 27%, peduli sosial 10%. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11247