TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag ID - digilib11254 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11254/ A1 - IMALIA YONI PRIHATINI , NIM. 10411019 Y1 - 2014/01/06/ N2 - IMALIA YONI PRIHATINI. Penggunaan Strategi Mind Map dalam Pembelajaran SKI Di MTs Negeri Sumbergiri, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah SKI adalah mata pelajaran yang penting dipelajari oleh peserta didikakan tetapi peserta didik kesulitan untuk mempelajarinya dan masih banyak penyebabnya. Maka dari itu suatu pembelajaran SKI harus menggunakan strategi yang sesuai agar siswa mampu menangkap materi yang ada dalam pelajaran SKI tersebut. Salah satu strategi yang dapat membantu ingatan siswa adalah strategi mind map karena strategi tersebut memuat gambar-gambar sehingga menarik dan mudah diterima siswa. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan strategi mind map dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan penduung penggunaan strategi mind map. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi mind map dalam pembelajaran SKI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan strategi mind map dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Sumbergiri. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru SKI dan siswa MTsN Sumbergiri sedangkan obyek penelitiannya adalah penggunaan strategi mind map dalam pembelajarn SKI di MTsN Sumbergiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dan menerapkan metode berpikir induktif serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran dengan menggunakan strategi mind map dapat membuat siswa: aktif, semangat dalam belajar, membantu siswa meringkas dan mempelajari materi dengan mudah dan menyenangkan; guru: belum sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pembelajaran; mind map yang dihasilkan: kata kunci terlalu panjang. (2) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran dengan strategi mind map adalah minat dan motivasi siswa, ketersediaan alat dan bahan serta guru yang perhatian. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kelompok yang tidak kompak, tidak adanya reward dan reinforcement, manajemen waktu yang kurang baik dan penggunaan kata kunci yang terlalu panjang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI, GUNUNGKIDUL AV - restricted ER -