@phdthesis{digilib11256, month = {January}, title = { PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK SD/MI KELAS V SEMESTER II MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 10481037 INGGIT DYANING WIJAYANTI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati }, keywords = {Kata kunci: Media Pembelajaran, adobe flash CS3? penjumlahan dan pengurangan pecahan. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11256/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis adobe flash CS3 pada materi pokok pecahan dalam pemecahan masalah untuk siswa kelas V Semester II, mengetahui masukan dari para ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli medi, peer reviewer, serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian 2 guru matematika dan 10 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R\&D (Research and Development).Prosedur penyusunan media pembelajaran matematika berbasis adobe flash CS3 terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development and Production, Validasi Desain, dan Uji Coba Produk. Namun pada penelitian ini prosedur pengembangan hanya sampai tahap ADD. Instrumen penilaian yang yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran berbasis adobe flash CS3 ini yaitu menggunakan lembar angket. Media pembelajaran dinilai oleh 2 guru matematika dan 10 siswa MIN Jejeran melalui uji coba terbatas.Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif.Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian.Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian yang pertama yaitu berhasil disusun media pembelajaran berbasis adobe flash CS3 pada materi pecahan dalam pemecahan masalah. Hasil penilaian media pembelajaran matematika berbasis adobe flash CS3 yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 34 dan persentase keidealan 97,145\%. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 79 dan persentase keidealan adalah 87\%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 107 dan persentae keidealan adalah 91,59\%. Berdasarkan penilaian 2 guru matematika adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 114,5 dan persentase keidealan adalah 91,6\%. Sedangkan berdasarkan respon 10 siswa kelas V MIN Jejeran adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 18,3 dan persentase keidealan 96,3\%. } }