eprintid: 11259 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/59 datestamp: 2014-03-24 01:42:00 lastmod: 2014-03-24 01:42:00 status_changed: 2014-03-24 01:42:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISMU DYAH NUR DWI MARSIANTI , NIM. 09410231 title: STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA MELALUI BUKU MENTORING PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK NEGERI 1 PENGASIH ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, MA abstract: ISMU DYAH NUR DWI MARSIANTI. Strategi Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa Melalui Buku Mentoring PAI dan Implikasinya Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SMK Negeri 1 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kehidupan keagamaan remaja identik dengan suasana kegoncangan, pemberontakan, dan penuh gejolak sehingga masalah moral dan kasus kriminal dikalangan remaja cenderung meningkat. Oleh karena itu, guru PAI di SMK Negeri 1 Pengasih berupaya mencegahnya dengan menggunakan strategi khusus dalam membina akhlak siswa melalui buku mentoring PAI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam membina akhlak melalui buku mentoring PAI di SMK Negeri 1 Pengasih dan apa implikasinya terhadap perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 1 Pengasih. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang strategi guru PAI dalam membina akhlak siswa melalui buku mentoring PAI. Untuk mengetahui implikasi dari adanya buku mentoring PAI terhadap perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Negeri 1 Pengasih. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumantasi. Analisis yang dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan: (1) Strategi guru PAI dalam membina akhlak mereka yaitu a) Mengadakan kegiatan keagamaan baik yang ada di sekolah dan di luar sekolah. b) Pemberian pengerahan dan penegasan kepada siswa tujuan dari setiap poin kegiatan keagamaan.c) Penerapan prinsip “tulis apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang anda tulis.” untuk melatih kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan siswa. d) Pemberian motivasi dan semangat kepada siswa untuk selalu mengikuti setiap kegiatan keagamaan.e) Mengadakan kegiatan yang dapat membentuk akhlak mereka seperti pendidikan kilat, perkemahan,bakti sosial,dll. f) Pemberian bekal materi pelajaran pendidikan agama Islam dan materi akhlak yang hubungannya dengan Allah, sesama manusiadan lingkungan. g)Menyediakan organisasi yang bernafaskan Islam seperti rohis, tafsir Quran,dll. (2) Implikasi dari penggunaan buku mentoring terhadap perilaku keagamaan siswa berpengaruh cukup baik dalam meningkatkan keagamaan. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang mereka lakukan diantaranya adalah a) Meningkatnya siswa yang mengikuti shalat dhuhur berjamaah dan shalat dhuha sekitar 75 % siswa yang mengikuti. b) Meningkatkan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar. c) Meningkatkan hafalan surat-surat pendek siswa. d) Siswa mulai berbusana muslim dan berjilbab dalam keseharian mereka. e) Meningkatkan keaktifan siswa untuk mengikuti organisasi, kegiatan remaja masjid dan kegiatan kemasyarakatan. f) Meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah, datang tidak terlambat dan disiplin dalam melakukan aktivitas keagamaan yang lain. date: 2014-01-16 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ISMU DYAH NUR DWI MARSIANTI , NIM. 09410231 (2014) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA MELALUI BUKU MENTORING PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK NEGERI 1 PENGASIH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11259/22/small.jpg