TY - THES N1 - Pembimbing : M. Jafar Shodiq, M.S.I. ID - digilib11260 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11260/ A1 - ISTIQOMAH, NIM. 10420049 Y1 - 2014/01/16/ N2 - Istiqomah, Media Visual Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Iml?? Man?u?r (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPIT Baitussalam Prambanan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran iml?? man?u?r dengan media visual lectora inspire dan membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media visual lectora inspire) dengan kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan media visual lectora inspire). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPIT Baitussalam Prambana tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 125 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rancangan nonprobability sampling berupa purposive sampling. Dari lima kelas diambil dua kelas yaitu kelas VII E (29 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D (29 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode test, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorof-Smirnov. Analisis data dengan uji ?t?. Perolehan sekor ratarata post-test pada kelompok kontrol sebesar 73,79 sedangkan kelompok eksperimen sebesar 75,73. Berdasarkan nilai hasil post-test yang diperoleh siswa dalam pembelajaran iml?? man?u?r dengan menggunakan media visual lectora inspire, disimpulkan bahwa siswa sudah dapat mencapai setandar ketuntasan yang ditetapkan di SMPIT Baitussalam Prambanan Sleman Yogyakarta. Adapun standar ketuntasan yang ditetapkan adalah dengan jumlah nilai 60. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui langkahlangkah mengajar iml?? man?u?r dengan media visual lectora inspire yaitu pendahuluan (salam), inti (memperlihatkan materi iml?? dengan media visual lectora inspire, guru dan siswa membaca materi iml??, guru menutup materi iml?? kemudian membaca semua materi iml??, kata per kata, diulangi sekali lagi, mengoreksi tulisan) dan penutup (salam). 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran iml?? man?u?r kelompok eksperimen dengan menggunakan media visual lectora inspire,dengan pembelajaran iml?? kelompok kontrol tanpa media visual lectora inspire. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Media Visual Lectora Inspire dan Pembelajaran Iml?' Man?u?r M1 - skripsi TI - MEDIA VISUAL LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN IML?? MAN?UR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014) AV - restricted ER -