TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag ID - digilib11262 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11262/ A1 - LISNA KHUSNIDA , NIM. 10410125 Y1 - 2014/01/16/ N2 - LISNA KHUSNIDA. Konsep Tripusat Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman An Nahlawi dan Relevansinya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya saling memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dalam upaya mencapai kedewasaannya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan konsep tripusat pendidikan menurut Abdurrahman An Nahlawi. (2) Untuk mengetahui relevansi konsep tripusat pendidikan menurut Abdurrahman An Nahlawi terhadap pembentukan kepribadian anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder untuk dianalisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-sosiologis. Metode dalam pengolahan data ini menggunakan metode content analysis. Dengan metode tersebut dapat ditangkap dan dipahami isi atau substansi pemikiran Abdurrahman An Nahlawi mengenai tripusat pendidikan Islam dan relevansinya terhadap pembentukan kepribadian anak. Hasil penelitian ini adalah konsep tripusat pendidikan Islam menurut Abdurrahman An Nahlawi terdiri dari: Pertama, lingkungan keluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama bagi anak melalui aktivitas-aktivitas pembentukan keluarga yang berdasar pada syariat Islam. Kedua, pendidikan sekolah sebagai media realisasi pendidikan berdasarkan tujuan pemikiran, akidah, dan syari?at demi terciptanya sikap penghambaan kepada Allah dengan mengembangkan segala bakat dan potensi manusia sesuai fitrahnya. Ketiga, lingkungan masyarakat sebagai wahana interaksi sosial anak dapat memberikan pelajaran yang sangat kompleks bagi terbentuknya nilai-nilai keagamaan dan kemasyarakatan. Relevansinya terhadap pembentukan kepribadian anak adalah: Pertama, Orang tua di lingkungan keluarga sebagai pendidik anak yang utama haruslah mampu mengarahkan anak-anaknya supaya tidak menyimpang dari ajaran dan nilai-nilai agama Islam dengan memenuhi kebutuhan kasih sayang dan ketenangan jiwa pada anak, memberikan pendidikan moral, sosial, serta keagamaan. Kedua, Lingkungan sekolah bertanggung jawab dalam pembentukan kepribadian anak melalui pemeliharaan fitrah anak, pengembangan potensi, pemberian pengalaman, wawasan nilai dan moral, serta sebagai penyempurna pendidikan keluarga. Ketiga, lingkungan masyarakat memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan anak melalui Amar Ma?r?f dan Nah? Munkar, menganggap anak sendiri, mendidik dengan cinta kasih, memberikan hukuman, menjauhkan dari teman yang tidak baik, saling tolong menolong dan melakukan kerjasama yang utuh di dalam masyarakat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Tripusat Pendidikan Islam KW - Abdurrahman An Nahlawi KW - Pembentukan Kepribadian Anak. M1 - skripsi TI - KONSEP TRIPUSAT PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK AV - restricted ER -