eprintid: 11267 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/67 datestamp: 2014-03-24 02:11:23 lastmod: 2014-03-24 02:11:23 status_changed: 2014-03-24 02:11:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MIR’ATUN NUR ARIFAH , NIM. 10411057 title: METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM RANGKA MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISWA TUNAGRAHITA SMPLB BHAKTI KENCANA 1 BERBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag., abstract: MIR’ATUN NUR ARIFAH. Metode Pembelajaran PAI dalam Rangka Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak pada Siswa Tunagrahita SMPLB Bhakti Kencana 1 Berbah Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa belajar adalah kebutuhan semua anak tidak terkecuali anak penyandang tunagrahita ringan. Pada proses pembelajaran ini penting adanya menanamkan nilai akhlak sebagai bekal bersosialisasi dan hidup bermasyarakat. Tentunya penanganan untuk anak tunagrahita berbeda dengan anak pada umumnya, termasuk pada penggunaan metode dalam pembelajarannya.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode pada pembelajaran PAI bagi siswa tunagrahita ringan di SMPLB Bhakti Kencana 1, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tersebut, serta hasil pembelajaran PAI untuk siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPLB Bhakti Kencana 1. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan dengan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode yang digunakan pada pembelajaran PAI untuk siswa tunagrahita ringan secara garis besar sama dengan metode yang digunakan untuk siswa pada umumnya. Namun yang membedakan adalah pada penerapan metode untuk siswa tunagrahita ringan dikembangkan dengan memperhatikan kondisi dan kemampuan siswa. Sehingga pada penerapan metode tersebut disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajaran bagi anak tunagrahita. Metode-metode yang digunakan pada pembelajaran PAI untuk siswa tunagrahita ringan di SMPLB Bhakti Kencana 1 diantaranya adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode suri tauladan, metode pembiasaan, metode drill, dan metode karyawisata. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah kemampuan dalam memahami kebutuhan siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah SDM yang terbatas dan kurangnya kepedulian orang tua terhadap perkembangan siswa. (3) Hasil pembelajaran PAI dapat dilihat dari dampak positif yang ditunjukkan siswa, diantaranya adalah: 1) Meningkatnya semangat siswa untuk beribadah, 2) Perubahan sikap dan perilaku, 3) Perkembangan mental yang lebih baik, 4) Meningkatnya pemahaman mengenai materi pelajaran, dan 5) meningkatnya motivasi untuk belajar dan sekolah. date: 2014-02-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: MIR’ATUN NUR ARIFAH , NIM. 10411057 (2014) METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM RANGKA MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISWA TUNAGRAHITA SMPLB BHAKTI KENCANA 1 BERBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/1/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11267/22/small.jpg