%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD ALI HANAFI , NIM. 08420101 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11270 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA (MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH) SISWA KELAS VIII MTSN PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11270/ %X Muhammad Ali Hanafi. 2013. Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII G di MTsN Prambanan Klaten tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah ini adalah kurangnya kemampuan membaca siswa kelas VIII G MTsN Prambanan Klaten dalam pembelajaran bahasa Arab, karena sebagian siswa merupakan lulusan dari sekolah-sekolah umum yang belum pernah sama sekali menerima pelajaran bahasa Arab. Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa kelas VIII G MTsN Prambanan Klaten dalam pembelajaran bahasa Arab, ketika dan setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kemampuan membaca siswa kelas VIII G MTsN Prambanan Klaten dalam pembelajaran bahasa Arab ketika dan sesudah menggunakan metode tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil latar MTsN Prambanan Klaten. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, tes, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, kemampuan membaca siswa kelas VIII G MTsN Prambanan Klaten dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari setiap aspek, diantaranya: Analisis Kesulitan Belajar Siswa meliputi: Membaca dan mengartikan mengalami peningkatan dengan persentase pada pratindakan 32,25%, siklus I 38,70%, siklus II 64,51%. Mendengarkan dan menulis mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 51,61%, siklus I 64,51%, siklus II 77,41%. Menulis dan mengartikan mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 58,06%, siklus I 64,51%, siklus II 70,96%. Menghafal dan memahami mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 48,38%, siklus I 54,83%, siklus II 61,29%. Tidak bisa konsentrasi mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 58,06%, siklus I 74,19%, siklus II 83,87%. Sedangkan pada analisis peningkatan Kemampuan Siswa meliputi: Motivasi dalam mempelajari bahasa Arab mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 9,67%, siklus I 19,35%, siklus II 25,80%. Kemampuan membedakan huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 29,03%, siklus I 45,16%, siklus II 48,38%. Kemampuan membaca dengan baik dan benar mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 74,19%, siklus I 80,64%, siklus II 87,09%. Kemampuan memahami bacaan mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 64,51%, siklus I 70,96%, siklus II 77,41%. Perasaan senang mempelajari bahasa Arab/ ketertarikan dalam membaca mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan 51,61%, siklus I 61,29%, siklus II 74,19%. Dilihat dari hasil persentase tersebut terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca siswa, maka dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII G MTsN Prambanan Klaten dalam pembelajaran bahasa Arab. %Z Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin A, M.M