relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/ title: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA creator: NIKA HARJANTI, NIM. 09410173 subject: Pendidikan Agama Islam description: Nika Harjanti, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah proses pembelajaran selama ini masih terkesan berpust pada guru (teacher oriented), sehingga siswa hanya memperoleh pengetahuan secara teoritis dan bertidak pasif. Proses pendidikan pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan melalui media tertentu. Siswa akan berhasil dalam belajar apabila pada dirinya ada keinginan atau motivasi untuk belajar, tanpa adanya motivasi siswa tidak mengerti apa yang akan dipelajari dan tidak memahami mengapa hal itu perlu dipelajari. Setiap individu mempunyai gaya belajar yang berbeda, ada yang visual, audio, dan audio visual. Yang harus dilakukan untuk mengatasi perbedaan tersebut adalah dengan pemilihan metode yang tepat. Di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta siswa mengalami kesulitan dalam belajar Pendidikan Agama Islam dikarenakan guru lebih sering menggunakan metode ceramah. Kesulitan belajar juga disebabkan kurang aktifnya siswa, jarang bertanya, jarang mencatat dan dalam menyampaikan pendapat waktu dikelas. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi dan prestasi peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum penelitian, bagaimana penerapan strategi Peer Lesson dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bagaimana motivasi dan prestasi peserta didik setelah dilaksanakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untu mengungkapkan ada tidaknya pengaruh strategi dan metode pembelajaran terhadap motivasi dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel siswa kelas XI IPA SMA Kolombo Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Strategi Peer Lesson dan Metode Mind Mapping, dapat meningkatkan motivasi siswa dari yang sebelumnya 17,39% dalam kategori baik, 69,57% cukup baik, 8,69% kurang baik, dan 4,35% sangat kurang baik menjadi 17,39% dalam kategori sangat baik, 52,17% baik, 30,44% cukup baik. Dan setelah diuji dengan uji „t‟ hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan motivasi antara sebelum dan sesudah penelitian. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari yang sebelumnya rata-rata nilai kelas 57,17, pada siklus I rata-rata nilai kelas 74,78, dan pada siklus II 81,69, antara tes awal dan akhir terjadi peningkatan sebesar 24,52%. Setelah dianalisis dengan uji „t‟ terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara prestasi belajar sebelum dan sesudah penelitian. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa penerapan strategi dan metode pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa. date: 2014-01-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/4/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/5/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/6/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/7/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/8/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/9/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/10/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/11/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/14/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/15/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/16/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/17/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/18/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/19/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/20/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274/21/small.jpg identifier: NIKA HARJANTI, NIM. 09410173 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.