@phdthesis{digilib11275, month = {February}, title = {STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI JURUSAN IPA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10420025 NIKEN DWI RAHMAWATI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Muhammad Ja?far Shodiq, S.Pd.I, M.SI}, keywords = {Kata kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar, Bahasa Arab }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11275/}, abstract = {NIKEN DWI RAHMAWATI. Studi Komparasi Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Jurusan IPA MAN Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris serta hubungannya terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Jurusan IPA MAN Godean Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel siswa kelas XI Jurusan IPA MAN Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 2 kelas yang keseluruhan siswa nya berjumlah 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris siswa kelas XI IPA MAN Godean berada pada kategori cukup, dengan rata-rata prosentase minat belajar bahasa Arab adalah 43,49\%, rata-rata prosentase minat belajar bahasa Inggris adalah 47,17\% dan rata-rata nilai uji tes bahasa Arab dari 63 siswa adalah 84,44. Hasil peneilitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Ditunjukkan dengan besar signifikansi pada minat belajar bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab 0,123 lebih besar dari 0,05. Begitu juga dengan besar signifikansi pada minat belajar bahasa Inggris terhadap prestasi belajar bahasa Arab 0,741 yang jauh lebih besar dari 0,05 sehingga dalam penelitian ini tidak ditemukan hubungan yang signifikan. } }