%0 Thesis %9 Skripsi %A NITA PRAMUDHIYANI , NIM. 10470071 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11277 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Upaya Penanaman, Nilai Tanggung Jawab, TPA %T UPAYA PARA USTADZ DALAM PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB PADA SANTRI DI TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN) AS-SALAM SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11277/ %X Nita Pramudhiyani. Upaya Para Ustadz dalam Penanaman Nilai Tanggung Jawab pada Santri di TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) As-Salam Sumberrahayu Moyudan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya para ustadz dalam penanaman nilai tanggung jawab pada santri di TPA As-Salam, metode-metode yang digunakan, faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai tanggung jawab pada santri di TPA As-Salam, hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode dalam penanaman nilai tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berjenis kualitatif yang mengambil latar di TPA As-Salam pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mentraskip dari hasil wawancara, labelling, klasifikasi, dianalisis dan diinterpretasikan dengan mendeskripsikan data apa adanya. Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya penanaman nilai tanggung pada santri TPA As-Salam dilakukan dengan melakukan pendekatan dan memahami watak serta kondisi tiap-tiap santri kemudian berusaha menjadi teman bagi para santri selanjutnya melakukan pengarahan dan penanaman nilai tanggung jawab secara perlahan dan kontinue dengan menggunakan berbagai metode; (2) Metode yang digunakan dalam penanaman nilai tanggung jawab pada santri adalah dengan metode ceramah, bercerita, bernyanyi, diskusi, metode teman sebaya, keteladanan dan diteladani, pembiasaaan dan nasehat; (3) Faktor pendukungnya adalah kepercayaan orangtua terhadap TPA As-Salam untuk mendidik anaknya ilmu agama yang lebih luas, adanya dukungan dan motivasi dari orangtua santri dan masyarakat sekitar, motivasi yang besar dalam diri santri dalam mengikuti pembelajaran di TPA, kemauan dan kemampuan dari para ustadz dalam penanaman nilai tanggung jawab pada santri serta adanya kerjasama yang baik diantara para ustadz dalam penanaman nilai tanggung jawab tersebut. Faktor penghambatnya antara lain suasana pembelajaran yang kurang kondusif ketika pembelajaran berlangsung bersamaan waktu dengan kegiatan siswa SMP, perbandingan jumlah ustadz dan santri yang belum ideal, perbedaan tingkat kehadiran santri ke TPA, serta kurangnya waktu pembelajaran di TPA. %Z Pembimbing : Dr. Juwariyah, M.Ag