@phdthesis{digilib11279, month = {February}, title = {UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN GURU DI MI MA?ARIF BEGO DEPOK SLEMAN }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10480017 NUR AFIFAH }, year = {2014}, note = { Pembimbing : Luluk Maulu?ah, M.Si.}, keywords = {Kata kunci: upaya, supervisor pendidikan, pembinaan kedisiplinan }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11279/}, abstract = {Nur Afifah, ?Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Pembinaan Kedisiplinan Guru Di MI Ma?arif Bego Depok Sleman?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Kepala madrasah merupakan sosok yang menjadi panutan dan mempunyai peran penting bagi lembaga yang dipimpinnya. Salah satu fungsi kepala madrasah yaitu sebagai supervisor pendidikan yang mempunyai tugas untuk membimbing dan membina para guru dan seluruh staf yang bertugas menangani dalam proses pembelajaran, agar mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki para guru untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Pembinaan kedisiplinan harus dilakukan kepala madrasah secara terus menerus yang dikemas dalam pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari di madrasah, pembiasaan ini dapat ditunjukkan dari pelaksanaan kedisiplinan waktu, tugas, dan kedisiplinan lainnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) upaya yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam pembinaan kedisiplinan guru di MI Ma?arif Bego, (2) bagaimana kedisiplinan guru di MI Ma?arif Bego, (3) adakah faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala madrasah dalam pembinaan kedisiplinan guru di MI Ma?arif Bego. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kedisiplinan guru, upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam pembinaan kedisiplinan guru, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala madrasah dalam pembinaan kedisiplinan guru di MI Ma?arif Bego. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru telah disiplin namun ada sebagian kecil guru (10\% orang guru dari jumlah keseluruhan guru 23 guru) yang belum disiplin. Upaya yang dilakukan kepala madrasah adalah pembuatan peraturan, sosialisasi peraturan, pengawasan, pemeriksaan, dan pendisiplinan. Adapun faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala madrasah dalam pembinaan kedisiplinan guru berasal dari dalam diri dan dari luar diri. Kedisiplinan tersebut tidak terlepas dari upaya kepala madrasah dan guru sebagai pelaksana pendidikan. } }