relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/ title: PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI USIA 6 -11 TAHUN DI PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN ANAK- ANAK KUDUS JAWA TENGAH creator: NURUL MALICHAH, NIM. 08470118 subject: Kependidikan Islam description: Nurul Malichah. Penerapan Metode Tahfidzul Qur’an Pada Santri Usia 6- 11 Tahun di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa tengah. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa Metode pendidikan cara- cara yang ditempuh oleh guru untuk memudahkan murid memperoleh ilmu pengetahuan, menumbuhkan pengetahuan ke dalam diri penuntut ilmu, dan menerapkannya dalam kehidupan. Untuk memahami cara- cara itu, maka tidak dapat mengabaikan ilmu pengetahuan dan cara memperolehnya. Selain itu mereka tidak sekedar sanggup mengajar santri, melainkan secara profesional berpotensi memiliki model pengajaran yang paling baik diukur dari perspektif didaktif-metodik. Maka proses belajar- mengajar bisa berlangsung secara efektif dan efesien, yang menjadi pusat perhatian pendidikan modern sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, display data dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan serta pemeriksa keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Metode- metode Tahfidz Al-Qur’an dan penerapannya di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Anak- anak, seperti yang telah di ungkapkan penulis yang di maksudkan metode adalah cara yang di gunakan oleh ustadz dan santri untuk mengajarkan dan menghafal Al- Qur’an. Maka dari itu metode merupakan faktor yang mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan dan target yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Yang bersifat kualitatif adalah mutu atau kualitas hasil hafalan, sedangkan kuantitatif yang bersifat angka atau bilangan seperti jumlah ayat yang dihafalkan. Kemudian mengenai metode- metode menghafal yang digunakan di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus sudah tersusun dan direncanakan oleh pihak pengelola dan santri hanya tinggal mengikuti. Metode- metode tersebut adalah sebagai berikut: Metode muwajjahah, Metode Resitasi, Metode Takrir, Metode Mudarrosah, Metode Test.(2) Faktor- faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode tahfidz Al- Qur’an di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Anak- anak Kudus yakni dari Faktor pendukung dan pelaksana dalam menghafal Al- Qur’an: Faktor usia santri, Faktor Kecerdasan santri, Faktor tujuan dan minat serta faktor lingkungan sedangkan dari faktor penghambat: Tingginya Kemalasan santri, Faktor rendahnya kecerdasan santri, Keterbatasan metode yang dikuasai oleh Guru Tahfidzul Qur’an.(3) Adapun usaha- usaha dalam menerapkan metode Tahfidz al- Qur’an guna meningkatkan prestasi hafalan para santri yakni: Membagi kurikulum pembelajarannya, Penyeimbangan prestasi hafalan santri.(4) Sedangkan ada pula juz yang dicapai atau hasil hafalan santri pada setiap kelas di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah. date: 2014-01-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/1/BAB%20II%2CIII.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/10/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11281/22/small.jpg identifier: NURUL MALICHAH, NIM. 08470118 (2014) PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI USIA 6 -11 TAHUN DI PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN ANAK- ANAK KUDUS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.