TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Sabarudin. M.Si ID - digilib11282 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11282/ A1 - PEGAS SUNJA DEWI, NIM. 10411013 Y1 - 2014/01/15/ N2 - PEGAS SUNJA DEWI. Pendidikan Akhlak dan Profil Guru dalam Novel Lontara Rindu Karya S. Gegge Mappangewa Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Aagama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah proses belajar mengajar di sekolah, terutama dalam penyampaian materi seorang guru dapat menggunakan berbagai metode. Metode untuk menyampaikan materi yang sarat akan nilai-nilai pendidikan dapat dipilih melalui berbagai media. Bahwa karya sastra atau novel yang selama ini hanya sebagai bacaan hiburan pengisi waktu luang (part time), atau sebagai pemuas hoby ternyata tidak bebas nilai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pendidikan akhlak dalam novel Lontara Rindu. Bagaimana profil guru ideal dalam novel Lontara Rindu dan bagaimana bentuk pendidikan nilai dalam novel Lontara Rindu ditinjau dari perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan novel Lontara Rindu Karya S.Gegge Mappangewa yang mengandung pendidikan Akhlak dan profil guru dan nilai lain yang dirasa relevan dengan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek novel Lontara Rindu. Dan sasarannya adalah seluruh pihak yang berkecimpung atau ikut serta dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif dan pendekat Pragmatis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan: Gambaran Pendidikan Akhlak dalam Novel Lontara Rindu merupakan karya sastra yang sarat dengan kandungan Pendidikan Akhlak yaitu aspek Akhlak terhadap Allah, Akhlak terhadap Makhluk masih dibagi menjadi dua yaitu, Pertama Akhlak Terhadap Sesama yang terdiri dari Akhlak terhadap Orang tua, Akhlak terhadap diri sendiri, Akhlak Keluarga, Kerabat, Akhlak terhadap Tetangga dan Akhlak terhadap Masyarakat, Kedua Akhlak terhadap Bukan Manusia ( Lingkungan Hidup). Profil guru ideal dalam Novel Lontara Rindu yaitu Pertama Guru Sebagai Pendidik terdiri dari, Paradigama, Metode Mengajar, Komitmen, Kedua Guru Sebagai Anggota Masyarakat, bahwa Pak Guru Amin telah berhasil menjadi guru yang bisa di didengar oleh masyarakatnya dan menjadi panutan bagi masyarakat tersebut sehingga bisa menjalin hubungan dengan orang tua siswa dengan baik. Pendidikan Nilai dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam adalah secara umum dibagi menjadi tiga segmen utama yaitu dilihat dari tujuan, materi dan metode yang digunakan oleh seorang guru dalam upaya untuk menumbuhkan sikap pendidikan nilai PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AKHLAK DAN PROFIL GURU DALAM NOVEL LONTARA RINDU KARYA S GEGGE MAPPANGEWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted ER -