eprintid: 11285 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/85 datestamp: 2014-03-24 03:53:44 lastmod: 2014-03-24 03:53:44 status_changed: 2014-03-24 03:53:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RATNA MAFTUHATUN, NIM. 09410030 title: PENGARUH KEGIATAN QIROATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMK MA’ARIF 1 WATES ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif abstract: RATNA MAFTUHATUN. Pengaruh Kegiatan Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di SMK Ma’arif 1 Wates. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah di era ini, masyarakat muslim, secara khusus orang tua, ulama, guru, dan para aktivis dakwah dituntut untuk memiliki sikap peduli, khawatir, dan prihatin terhadap anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Dengan sikap peduli, khawatir, dan prihatin terhadap generasi penerus bangsa, diharapkan tidak terperosok ke jalan yang tidak benar atau melakukan perbuatan yang didalamnya terdapat pertentangan kepada Allah swt. Perwujudan sikap peduli, khawatir, dan prihatin dalam suatu kegiatan yang nyata yaitu mendidik anak membaca dan menulis Al-Qur’an. Ada kegiatan khusus yang dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Wates, guna mewujudan sikap peduli, khawatir, dan prihatin dalam suatu kegiatan yang nyata. Kegiatan itu disebut dengan kegiatan qiroati, metode yang dilaksanakannya menggunakan metode qiroati. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana Bagaimana pelaksanaan program kegiatan qiro’ati di SMK Ma’arif 1 Wates, Bagaimana pengaruh kegiatan qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Peserta didik di SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kegiatan qiroati di SMK Ma’arif 1 Wates. Dan seberapa berpengaruhnya kegiatan qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Ma’arif 1 Wates sebagai kegiatan wajib sebelum pembelajaran dimulai pada pagi hari ini terhadap kemampuan membaca Al- Qur’an peserta didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMK Ma’arif 1 Wates. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, pengamatan langsung, angket, dan tes kemampuan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMK Ma’arif 1 Wates tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 1010 siswa. Pengambilan sampel diambil secara acak (random sampling). Dengan jumlah sampel 125 peserta didik. Hasil analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 25 butir angket yang terbukti valid, sedang hasil analisis relliabilitasnya menunjukkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,913 dan dinyatakan reliabel. Analisis data dilakukan dengan perhitungan korelasi Product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Pelaksanaan program kegiatan qiroati di SMK Ma’arif 1 Wates, program ini merupakan program keagamaan yang dilaksanakan oleh sekolah diperuntukkan bagi seluruh siswa/siswa SMK Ma’arif 1 Wates. Kegiatan ini merupakan kegiatan intrakulikuler. Guru/ustadz dari kegiatan ini diseleksi khusus oleh koordinator qiroati disekolah, sehingga benar-benar kemampuan yang dimiliki untuk mengajarkan dengan metode qiroati. Buku yang digunakanpun buku dari pusat, yaitu buku tiga jilid yang khusus untuk peserta didik usia SMU/SMK. Kegiatan inipun dilaksanakan setiap hari senin hingga kamis untuk kegiatan qiroati dengan materi membaca buku qiroati yang mana didalamnya berisi potongan-potongan ayat-ayat Al-Qur’an. Dan jum’at sabtu diisi dengan materi pasholatan. (2)Pengaruh kegiatan Qiroati terhadap kemampuan Membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Ma’arif 1 Wates, berdasarkan regresi Y atas X, maka dapat disimpulkan analisis korelasi antara X dan Y. Dari perhitungan diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,951. Yang menunjukkan keeratan hubungan antar variabel bebas dan terikat. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,904 yang menunjukkan terdapatnya pengaruh positif kegiatan Qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. date: 2014-01-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: RATNA MAFTUHATUN, NIM. 09410030 (2014) PENGARUH KEGIATAN QIROATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMK MA’ARIF 1 WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/4/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/5/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/6/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/7/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/8/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/9/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/10/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/11/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11285/21/small.jpg