eprintid: 11286 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/86 datestamp: 2014-03-24 03:58:13 lastmod: 2014-03-24 03:58:13 status_changed: 2014-03-24 03:58:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RISKI PURWANI, NIM. 10470038 title: KONSEP EDUCATION FOR ALL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Education for All, perspektif, demokrasi, zakat, Pendidikan Islam. note: Pembimbing : Sibawaihi, M.Ag, MA abstract: Riski Purwani. Konsep Education for All dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa belum meratanya pendidikan di Indonesia, terutama pada kalangan yang kurang beruntung, seperti para perempuan, anak-anak jalanan atau anak-anak miskin dan seterusnya. Ketidakmerataan pendidikan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor ekonomi, tinggi angka anak putus sekolah (drop out), pernikahan dini dan kurangnya kesadaran serta pola pikir (mindset) masyarakat akan pentingnya pendidikan. Padahal Islam sendiri memerintahkan kepada umatnya untuk belajar dan berpendidikan dan bahkan Islam sangat mengapresiasi pendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah (1) Mengetahui konsep Education for All dalam perspektif Pendidikan Islam. (2) Mengetahui cara atau upaya mewujudkan Education For All dalam perspektif pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Library Reasearch), yaitu mengumpulkan data dan informasi dari berbagai materi yang terdapat dalam kepustakaan. Metode analisa datanya menggunakan metode analisa Deskriptif Analysis, sedangkan pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan filosofis dan interpretasi atau penafsiran. Hasil penelitian ini ialah (1) Islam memandang bahwa semua manusia sama, yang membedakan antara manusia yang satu dengan yang lain hanyalah derajat takwa, apalagi berkenaan dengan pendidikan. Islam tidak hanya menganjurkan kepada umatnya untuk menuntut ilmu dan mengenyam pendidikan, tetapi Islam juga memberikan apresiasi kepada umatnya yang memiliki ilmu pengetahuan. Karena dalam pendidikan Islam sendiri terwujud prinsip-prinsip demokrasi, kemerdekaan, persamaan dan kesempatan yang sama untuk belajar tanpa diskriminasi. Oleh karena itu Education for All harus diwujudkan khususnya di Indonesia. (2) mewujudkan Education for All dalam pendidikan di Indonesia dapat dilakukan dengan berbenah dan mewujudkan wajib belajar 12 tahun, dana BOS dalam bentuk beasiswa dan bantuan dana pendidikan lainnya tidak diselewengkan, dan memberikan hak pendidikan kepada perempuan. Sedangkan upaya mewujudkan Education for All dalam perspektif pendidikan Islam ada dua, yaitu mengoptimalkan zakat untuk memberikan hak pendidikan kepada anak-anak miskin dan menyadarkan serta mengubah pola pikir (mindset) masyarakat bahwa pendidikan itu penting. date: 2014-02-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: RISKI PURWANI, NIM. 10470038 (2014) KONSEP EDUCATION FOR ALL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/1/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11286/22/small.jpg