%0 Thesis %9 Skripsi %A GINA NADIYA SUARY , NIM. 08390155 %B FAKULTAS SYARI'AH DAN HUKUM %D 2014 %F digilib:11338 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Promosi, produk, nisbah bagi hasil, citra perusahaan, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH TABUNGAN DI PERBANKAN SYARIAH YOGYAKARTA (STUDY KASUS PADA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11338/ %X Kelahiran Bank Islam yang beroperasi berdasarkan sistem bagi hasil sebagai alternatif pengganti bunga pada bank-bank konvensional, ini merupakan peluang bagi umat Islam untuk memanfaatkan jasa bank seoptimal mungkin karena umat Islam berhubungan dengan perbankan yang tenang, tanpa keraguan dan didasari oleh motivasi keagamaan yang kuat didalam mobilisasi dana masyarakat untuk pembiayaan pembangunan ekonomi umat. PT. Bank Negara Indonesia Syariah atau biasa disebut dengan nama (BNI Syariah) kantor cabang Yogyakarta yang terletak di Jalan Kusumanegara No.112 Umbulharjo Yogyakarta, merupakan kantor cabang dari PT (persero) BNI Syariah yang mempunyai tugas pokok untuk menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, produk, nisbah bagi hasil, citra perusahaan, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah tabungan di Bank BNI Syariah. Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Kantor Cabang BNI Syariah yang aktif melakukan transaksi. Karena data jumlah nasabah yang aktif melakukan transaksi tidak dapat dipublikasikan, maka penyusun mengambil populasi keseluruhan jumlah nasabah. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 nasabah. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik responden dan variabel-variabel penelitian, sedangkan analisis statistik digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis penelitian menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan program SPSS 13. Berdasarkan analisis kuantitatif dengan taraf signifikan 5%, diperoleh data bahwa variabel promosi, nisbah bagi hasil, citra perusahaan, kualitas pelayanan, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di Bank BNI Syariah kantor cabang Yogyakarta dan variabel produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank BNI Syariah kantor cabang Yogyakarta. Hasil pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,583 yang berarti promosi, produk, nisbah bagi hasil, citra perusahaan, kualitas pelayanan dan kepuasan dapat menjelaskan variabilitas nasabah tabungan di Bank BNI Syariah kantor cabang Yogyakarta 58,3%. Sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penyusun. %Z Pembimbing : Dr. H. Syafiq. MH, M.Ag.