TY - THES N1 - PEMBIMBING: Dr. HAMIM ILYAS, M.Ag. ID - digilib11351 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11351/ A1 - YENISA DESTRIHANI, NIM. 09380079 Y1 - 2013/09/25/ N2 - Dalam dunia perdagangan, Islam menganjurkan agar nilai etika dijunjung tinggi dalam kehidupan, oleh karena itu, al-Qur?an secara jelas dan tegas telah menggariskan seperangkat sistem nilai dan moral untuk mengatur dan memperlancar lalu lintas ekonomi dan bisnis manusia. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Mirota Kampus C. Simanjuntak sebagai obyek penelitian, dengan alasan bahwa Mirota Kampus C. Simanjuntak adalah satu dari sekian banyak bisnis retail di Yogyakarta yang dalam praktek bisnisnya menggunakan member card dalam transaksi jual beli yang tidak menutup kemungkinan mengandung unsur-unsur negatif seperti adanya unsur garar (ketidakjelasan), bentuk gararnya adalah pemegang kartu saat membayar iuran keanggotaan/membeli member card, tidak tahu berapa potongan harga yang akan dia dapatkan dan dari barang apa saja. Pemberlakuan member card di Mirota Kampus C. Simanjuntak dalam prakteknya berbeda dengan member card pada umumnya yaitu di gunakan tidak hanya untuk mendapatkan potongan harga melainkan juga di fungsikan untuk dapat mengikuti program-program menarik seperti program kumpulkumpul poin dan poin plus MKMC (Miirota Kampus Member Card ) sebagai alat dalam menarik konsumen setia Mirota Kampus C. Simanjuntak, kemudian dalam memiliki member card Mirota Kampus C. Simanjuntak konsumen dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,-. Berkaitan dengan latar belakang tersebut maka penulis ingin mengkaji lebih dalam mengenai praktek pemberlakuan member card di Mirota Kampus C. Simanjuntak, yaitu sudah sesuaikah Pemberlakuan Member card di Mirota Kampus C. Simanjuntak dengan etika bisnis Islam? Penelitian ini adalah penelitian lapangan, wilayah penelitian yang penulis pilih adalah Mirota Kampus C. Simanjuntak. Guna memperoleh data yang akurat dilakukan dengan membagikan angket responden yaitu konsumen pemilik member card dan wawancara dengan Humas Marketing Mirota Kampus C. Simanjuntak selaku pengurus pemberlakuan meber card. Dari hasil penelitian penulis, dapat disimpulkan Program-program yang diadakan dengan menggunakan member card yang juga sudah sesuai dengan ketentuan dan aturan yang membolehkan pemberlakuan member card dijelaskan oleh para ulama kontemporer, dimana kedua belah pihak saling menguntungkan dan tidak ada yang merasa dirugikan. Pemberlakuan member card di Mirota Kampus C. Siamanjuntak juga sudah sesuai dengan prinsipprinsip etika bisnis, yaitu tanggung jawab yang dimiliki seluruh keluarga besar Mirota Kampus C. Simanjuntak serta menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dengan transparan terhadap harga produk dan memberikan kwalitas terbaik terhadap produk yang di pasarkan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - MEMBER CARD KW - ETIKA BISNIS ISLAM M1 - skripsi TI - PEMBERLAKUAN MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DITINJAU DARI SUDUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Di Mirota Kampus C. Simanjuntak Yogyakarta) AV - restricted EP - 120 ER -