<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH"^^ . "Bahasa pada hakikatnya adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sekian\r\nbanyak aspek kehidupan manusia. Melalui bahasa kita bisa menyampaikan ide, gagasan,\r\ndan maksud tujuan dalam berinteraksi satu sama lain. Dengan demikian, bahasa dapat\r\ndipahami sebagai alat/ sarana dalam melakukan kegiatan komunikasi sosial antar anggota\r\nmasyarakat. Bahasa Arab dan Inggris merupakan dua diantara bahasa resmi internasional\r\nyang mempunyai peranan signifikan dalam dunia ilmu pengetahuan dan kesusasteraan\r\nsepanjang zaman. Masing-masing bahasa tersebut tentu punya kaidah dan aturan otonom\r\ndalam pembentukan kata dan strukturnya. Namun terkadang sering kita temukan adanya\r\ndimensi kesamaan corak atau kemiripan struktur dan tipologinya akibat dari pengaruh\r\ntimbal balik antar bahasa yang bersentuhan dalam proses sejarah yang panjang.\r\nDalam bahasa Arab kita mengenal sebuah kaidah gramatikal yang disebut isim\r\nisyarah (Asma’ al-Isyarah). Isim isyarah adalah kata yang lazim dipakai sebagai kata\r\npenunjuk letak kedudukan/ keberadaan suatu subjek atau objek sasaran, baik yang tampak\r\nnyata atau tidak nyata, sedang berhadapan atau tidak, hingga sesuatu berada dekat atau\r\njauh sekalipun dengan menggunakan sebuah benda, langsung dengan tangan atau dengan\r\ngerak tubuh lainnya. Sedangkan dalam bahasa Inggris kita juga temukan adanya kelas\r\nkata yang mirip dan serupa. Struktur yang dimaksud adalah determiners demonstrative,\r\ndemonstrative pronouns, dan demonstrative adjectives. Kata-kata tersebut merupakan\r\nbeberapa dari sekian jenis kelas kata yang terdapat dalam tata bahasa inggris (grammar),\r\nyang dapat berfungsi sebagai kata sandang, kata ganti, dan kata sifat.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan analisis kontrastif yang bertujuan untuk\r\nmengetahui persamaan dan perbedaan kata penunjuk dalam bahasa arab dan inggris,\r\nmengidentifikasikan, dan memprediksi variasi yang muncul dari perubahan kata dan\r\nfungsi dalam kalimat. Sedangkan faedah yang bisa didapatkan yaitu, memberikan\r\nkemudahan dalam memahami dua bahasa yang berbeda dan menambah informasi dalam\r\nkegiatan pembelajaran bahasa asing. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah\r\npenelitian kualitatif lebih tepatnya studi pustaka/ literatur. Sedangkan metode analisis\r\ndata yang digunakan adalah deskriptif-analitik atau analisis deskriptif.\r\nHasil penelitian ini akan menunjukkan bahwa isim isyarah dari segi struktur\r\npembentukan kata adalah kata yang (mabni) kecuali untuk kata penunjuk bentuk dual\r\nganda laki-laki (mudzakkar) dan perempuan (mu’annats) yang (mu’rab), pola (musyar\r\nilaihi) selalu mengalami perubahan mengikuti macam bentuk yang ditunjuk (musyar),\r\nbaik itu gender, jumlah, genus, dan letak keberadaan. Apabila dalam kalimat ia berfungsi\r\nsebagai mubtada’, fa’il, dan maf’ul. Sedangkan dalam bahasa inggris digunakan bebas,\r\ntidak punya spesifikasi gender (feminim & masculin) dan genus, tetapi punya spesifikasi\r\njumlah (singular & plural), letak keberadaan (jauh dan dekat). Apabila kata tersebut\r\nberada dalam sebuah bentuk susunan frase, klausa, dan kalimat dapat berfungsi sebagai\r\nsubjek,objek, dan pelengkap.\r\n"^^ . "2014-01-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06110055 "^^ . "ADE RAHMAN"^^ . "NIM. 06110055 ADE RAHMAN"^^ . . . . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Text)"^^ . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . . "ASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11462 \n\nASMA AL-ISYARAH FIAL-LUGHA T Al AL- 'ARABIYYAH W A AL-INJILEIYYAH” (DIR ASAH TAHLTLIYYAH A T-TA QHABITLIYYAH\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Arab"@en . .