eprintid: 11466 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/14/66 datestamp: 2014-04-01 00:37:56 lastmod: 2017-03-01 07:08:39 status_changed: 2014-04-01 00:37:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CAHYONO, NIM. 06470014 title: PERKEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL FALAHIYYAH MLANGI TAHUN 2000 – 2010 ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Kurikulum, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren note: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag. abstract: Perkembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Falahiyyah Mlangi Tahun 2000 – 2010. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Univesitas Islam Negeri sunan Kalijaga. 2013. Pondok Pesantren merupakan salah satu sistem pendidikan Islam pertama di Indonesia. Madrasah Diniyah adalah bagian dari sistem pendidikan Pondok Pesantren. Seiring berjalanya waktu penataan kurikulum Madrasah Diniyah mengalami perubahan dan perkembangan. Perubahan kurikulum Madrasah Diniyah bertujuan untuk membentuk sistem pendidikan madrasah yang baku. Terjadinya perbedaan kurikulum Madrasah Diniyah di dalam Pondok Pesantren dan di luar Pondok Pesantren. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk perubahan kurikulum dan penyebab terjadinya perubahan kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Falahiyah Mlangi pada tahun 2000 – 2010. Hasil Penelitian ini dapat dijadikan sebagai gambaran perkembangan kurikulum Madrasah Diniyah. Perjalan Kurikulum Madrasah Diniyah sebagai tolak ukur perkembangan pendidikan pesantren. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan. Subyek penelitian adalah pimpinan Pondok Pesantrn Al Falahiyah, pengurus Madrasah Diniyah Pondok pesantren Al Falahiyah, staf pengajar dan dokumen kurikulum. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Metode analisis data Model Miles and Huberman dengan langkahlangkah sebagai berikut data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk perubahan kurikulum tidak menyeluruh, artinya hanya beberapa poin yang berubah. Perubahan tersebut ada pada mata pelajaran dan jenjang pendidikan Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Falahiyyah. Penyebab perubahan kurikulum Madarasah Diniyah Pondok pesantren Al Falahiyah adalah faktor internal dan faktor eksternal madrasah. Fator internal meliputi keaadaan santri dan kebijakan pengurus, factor eksaternal adalah kebijakan Kementerian Agama. Kata Kunci: Kurikulum, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren date: 2013-10-31 date_type: published pages: 112 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: CAHYONO, NIM. 06470014 (2013) PERKEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL FALAHIYYAH MLANGI TAHUN 2000 – 2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11466/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11466/2/BAB%20II%2C%20III.pdf