eprintid: 11519 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/15/19 datestamp: 2014-04-01 08:29:50 lastmod: 2017-04-20 02:37:56 status_changed: 2014-04-01 08:29:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DEWI TRIWAHYUNI, NIM. 09420048 title: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KIBAR (KULIAH INTENSIF BAHASA ARAB) KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Metode) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: bahasa arab, kibar note: Pembimbing: Drs. Asrori Saud M.Si abstract: Dewi Triwahyuni, Pembelajaran Bahasa Arab di KIBAR (Kuliah Intensif Bahasa Arab) Kota Gede Yogyakarta (Tinjauan Metode). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di KIBAR serta bagamana efektifitasnya dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab dan khususnya KIBAR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk mendapatkan data kuantitatif sebagai pendukung data kualitatif. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan dua macam analisa data yaitu analisa data kualitatif dan analisa kuantitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) dalam pembelajaran bahasa Arab di KIBAR pengajar menggunakan metode campuran (Eclectic method). (2) efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Eclectic dapat dikatakan efektif. Hal tersebut dibutikan dengan hasil nilai ujian akhir yang ratarata mahasiswa mendapatkan nilai Jayyid dan berdasarkan angket tentang tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan metode eclectic yang menunjukan 67,56% mudah diterima dan dipahami, 32,43% cukup mudah diterima dan dipahami dan 0% sulit diterima dan dipahami. (3) Dalam pembelajaran bahasa Arab di KIBAR ada beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran. Faktor penghambat pembelajaran yang pertama adalah latar belakang kemampuan mahasiswa terhadap bahasa Arab yang berbeda-beda yaitu ada beberapa mahasiswa yang belum mampu menulis dan membaca teks arab, dan yang kedua mahasiswa kurang aktif dalam mengulang materi yang telah disampaikan dan kurang rajin hadir dalam perkuliahan. Faktor pendukung pembelajaran antara lain minat mahasiswa yang tinggi terhadap bahasa Arab, lingkungan yang nyaman untuk pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang cukup. Kata kunci: bahasa arab, kibar date: 2013-11-01 date_type: published pages: 122 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DEWI TRIWAHYUNI, NIM. 09420048 (2013) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KIBAR (KULIAH INTENSIF BAHASA ARAB) KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Metode). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11519/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11519/2/BAB%20II%2C%20III.pdf