@phdthesis{digilib11526, month = {July}, title = {GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09480036 DWI RAHMAWATI}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd}, keywords = {Gaya kepemimpinan, peningkatan kedisiplinan guru.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11526/}, abstract = {Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menengok ketidakseimbangan antara kepemimpinan di dalam suatu Madrasah yang dapat disorot dari gaya kepemimpinan yang membawa pengaruh besar. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan dan ketertiban guru dalam kedisiplinan waktu. Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilanketerampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini dengan menggunakan metode studi kasus penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, dokumentasi semi terstruktur dan angket di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya kepemimpinan kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul menyatakan gaya kepemimpinan Demokratis. (2) Peningkatan kedisiplinan guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul rata-rata cukup baik. Peningkatan kedisiplinan guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul rata-rata cukup baik. Peningkatan kedisiplinan guru dapat dilihat dari aspek disiplin waktu, disiplin sikap dan disiplin beribadah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, peningkatan kedisiplinan guru.} }