%A NIM. 07210037 FATHUR ROSI %O Pembimbing : Drs. Mokh. Sahlan, M.Si. %T PROSES PRODUKSI SIARAN VOICE OF ISLAM DI RADIO UNISI FM YOGYAKARTA %X Pada penelitian ini, peneliti memandang bahwa peran proses poduksi sangat penting dalam pembentukan pesan. Untuk itulah kemudian peneliti memfokuskan pada salah satu media radio nasional di daerah yogyakarta, yaitu radio unisi FM yogyakarta. Peneliti menggunakan bahan penelitian pada salah satu program acara unggulan radio ini yaitu “Voice Of Islam “ disebabkan kualitas suatu program acara, dapat diukur melalui profesionalitasan dan sistematika penyusunan program acara, maka peneliti mencoba ingin mengetahui persoalan ini melalui pendekatan ilmiah. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana rangkaian proses kegiatan produksi siaran voice Of Islam di radio unisi FM Yogyakarta dari pra produksi, produksi dan paca produksi. Tentu peneliti ini tidak hanya sekedar memberikan informasi berbasis data semata, melainkan menemukan peran dan fungsi proses produksi dalam pembentukan program acara radio yang berkualitas. Kerangka teori pada penelitian ini konseptual yang digunakan peneliti dalam mengkaji permasalahan dalam artian kerangka teori sebagai cara untuk meninjau permasalahan kalimat-kalimat, agar permasalahan dapat diidentifikasi dan diklasifikasi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana pada penelitian ini menggunakan wawancara, pengamatan dan pemanfaatan dokumen, mengenai proses produksi siaran Voice Of Islam. Subjek penelitian ini adalah radio unisi FM Yogyakarta. Adapun Objek penelitian adalah peneliti ini difokuskan pada penelitian tentang proses produksi. Meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi. Sedangkan metode pengumpulan data diperlukan triangulasi yang dilakukan secara ekstensif Beberapa kesimpulan dalam penelitian ini diantaranya proses produksi yang digunakan oleh Radio Unisi FM Yogyakarta dalam siaran Voice Of Islam telah teraplikasi dengan baik namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada aspek produksi yang kurang maksimal seperti dalam menentukan narasumber perlu melibatkan narasumber dari kalangan remaja, sehingga para pendengar yang ditargetkan adalah para remaja mampu mengikuti gaya bahasa penyampaian dari narasumber. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11586