<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk\r\nmengetahui metode dan proses pelaksanaan pengembangan kecerdasan emosional\r\nsiswa yang berprestasi belajar rendah di Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) Al\r\nIrsyad 01 Cilacap. Informan/subjek dari penelitian ini adalah guru, orangtua, dan\r\nsiswa yang berprestasi belajar rendah, yakni DF, IL, dan NS. Sedangkan yang\r\nmenjadi objek dalam penelitian ini adalah metode dan pelaksanaan pengembangan\r\nkecerdasan emosional yang dilakukan oleh SDSN Al-Irsyad 01 Cilacap, terutama\r\nupaya pengembangan yang sesuai untuk mengembangkan kecerdasan emosional\r\nbagi siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data\r\nmenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi sumber\r\ndigunakan untuk keabsahan data.\r\nHasilnya, metode yang digunakan SDSN Al Irsyad 01 Cilacap dalam rangka\r\nmengembangkan kecerdasan emosional siswa yang berprestasi belajar rendah\r\nmeliputi: metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung merupakan metode\r\npengembangan kecerdasan emosional yang dilakukan langsung oleh guru melalui\r\npenanaman nilai-nilai emosional pada proses belajar mengajar serta kegiatan\r\npengembangan minat dan bakat yang menanamkan nilai emosional. Sedangkan\r\nmetode tidak langsung merupakan metode yang dilakukan oleh pihak Butterfly\r\nLearning Centre (BLC) dan orangtua dalam rangka mengembangkan kecerdasan\r\nemosional siswa yang berprestasi belajar rendah. Metode pengembangan yang\r\ndilakukan terhadap siswa DF, IL, dan NS dapat dikatakan berhasil, meskipun tidak\r\nsepenuhnya. Artinya, terdapat siswa yang mampu meningkatkan prestasi belajarnya,\r\nnamun ada pula yang belum menunjukkan peningkatan prestasi belajar secara\r\nsignifikan. Akan tetapi, ukuran keberhasilan tidak mutlak diukur dari prestasi belajar\r\nyang didapatkan siswa, lebih dari itu keberhasilan juga dapat dilihat dari perilaku\r\nemosional siswa yang tepat yang ditunjukkan oleh siswa selama pelaksanaan\r\npengembangan. Perilaku emosional yang dimaksud adalah adanya motivasi siswa\r\nuntuk memperbaiki prestasi belajarnya menjadi lebih baik lagi yang diusahakan\r\nsecara maksimal, terlepas dari apapun dan berapapun hasilnya nanti. Pelaksanaan\r\npengembangan kecerdasan emosional siswa yang berprestasi belajar rendah melalui\r\ntahapan yang meliputi: identifikasi, penanganan, pengukuran hasil serta evaluasi dan\r\ntindak lanjut.\r\n\r\n"^^ . "2014-01-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09220066"^^ . "MAESAROH "^^ . "NIM. 09220066 MAESAROH "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH\r\nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11593 \n\nPENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL \nSISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH \nDI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Bimbingan dan Konseling Islam "@en . .