%A NIM. 09240024 YOSI PRASETYO UTOMO %O Pembimbing : H. Okrisal Eka Putra, LC.MA %T MANAJEMEN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK ’AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KEMBARAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA %X Dalam pendidikan, manajemen menduduki peran serta posisi yang sangat penting dimana manajemen dipandang sebagai serangkaian kegiatan atau proses akan mencakup bagaimana cara meningkatkan kinerja guru dan peranan guru dalam mengintegrasikan berbagai sumber untuk mencapai tujuan oerganisasi yang telah dirancang. Disamping itu selain kegiatan manajemen pelaksanaan pendidikan tentunya tidak terlepas dari beberapa komonen-komponen pendukung adalah guru sebagai pengajar dan guru sebagai pembimbing, dimana guru juga memberikan peniaian terhadap kegiatan manajemen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana kinerja guru pada Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantiro Kasihan Bantul Yogyakarta. 2) Mengetahui bagaimana dalam meningkatkan kinerja guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. 3) Mengetahui peranan guru dalam pendidikan di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantiro Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan interview dengan kepala sekolah Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal(ABA) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta, metode observasi dengan mengamati kelas dan tugas guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantiro Kasiahan Bantul Yogyakarta, metode dokumentasi yaitu mencari data berupa dokumen dan makalah tentang Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Bagaimana manajemen kinerja dilihat dari fungsinya untuk meningkatkan kinerja guru dan peranan guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kemabaran Tamantirto Kasiahan Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan : 1) Peran guru dalam pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru TK ABA Kembaran diterapkan dalam 5 fungsi manajemen: a) Perencanaan yang terdiri dari : Analisis materi pelajaran, Program tahunan dan semester, program satuan kegiatan mingguan, program satuan kegitan harian. b) Pengorganisasiaan yaitu mengatur dan menghubungkan sumber belajar agar kegiatan-kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. c) Pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran ulangan harian atau semester, mengisi daftar nilai siswa. d) Evaluator yaitu melakukan penilaian terhadap proses kegiatan belajar dan penilaian hasil kegiatan. e) Pengawasan yaitu meneliti daftar hadir siswa dan mengatur ruang kelas. %K Kata Kunci : Manajemen Kinerja dan Guru %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11605