@phdthesis{digilib11608, month = {January}, title = {STRATEGI SEGMENTASI PASAR SALMA RADIO 103.3 FM (STUDI ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP SALMA RADIO 103.3 FM) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09210061 AFIF ROISA RAHMAN }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Ristiana Kadarsih, S Sos., M.A.}, keywords = {Kata kunci: Segmentasi, Radio. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11608/}, abstract = {Afif Roisa Rahman (09210061) ?Strategi Segmentasi Pasar Salma Radio 103.3 FM?. Semakin banyaknya media penyiaran yang sedang berkembang saat ini menimbulkan persaingan atau kompetisi antar media penyiaran khususnya radio. Pentingnya untuk menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Segmentasi pasar yang merupakan suatu konsep yang sangat penting dalam memahami audiens penyiaran dan pemasaran program diperlukan agar stasiun penyiaran dapat melayani audiensnya secara lebih baik, melakukan komunikasi yang lebih persuasif dan yang terpenting adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan audiens yang dituju. Salma Radio 103.3 FM adalah stasiun radio keluarga dengan konsep Islami di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang menerapkan strategi segmentasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi segmentasi pasar yang diterapkan Salma Radio. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha meneliti strategi segmentasi pasar yang dilakukan Salma Radio dengan merujuk pada strategi merebut pasar menurut Kottler yang terdiri dari serangkaian langkah berkesinambungan yaitu segmentasi, targeting, dan positioning yang selanjutnya mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dengan ketentuan yang sesuai dengan prosedur penelitian yang ada dengan data yang diperoleh mulai dari wawancara, mencari data dari dokumen Salma Radio yang relevan, serta melakukan observasi pada objek yang diteliti. Pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa strategi segmentasi pasar Salma Radio melalui tiga konsep yaitu segmentasi, targeting, dan positioning. Langkah-langkah segmentasi Salma Radio dimulai dengan menyeleksi pasar atau kategori produk untuk dipelajari, memilih satu atau beberapa basis untuk melakukan segmentasi pasar menggunakan segmentasi demografis yang memenuhi empat kriteria dasar segmen substantiality, identifiability and measurability, accessibility dan responsiveness, menyeleksi deskriptor segmentasi untuk mengidentifikasi variabel-variabel segmentasi yang lebih spesifik seperti umur dan pekerjaan, membuat profil segmen dengan mempertimbangkan keadaan masyarakat sekitar dan visi dan misi Salma Radio, menyeleksi pasar sasaran Salma Radio dan mengambil Segmen keluarga, merancang, menerapkan, dan mempertahankan bauran pemasaran sesuai segmentasinya. Penetapan sasaran (targeting) Salma Radio 103.3 FM menggunakan strategi penetapan sasaran segmen majemuk dengan mempertimbangkan empat kriteria dalam mendapatkan target audiens yang optimal yaitu responsif, potensi penjualan, pertumbuhan memadai, dan jangkauan iklan. Penempatan (positioning) Salma Radio 103.3 FM menggunakan struktur persaingan diferensiasi. Salma Radio menggunakan tagline ?Satu Hati dalam Warna? dimaksudkan agar Salma Radio dapat menjangkau audiens dari berbagai macam latar belakang masyarakat tanpa melupakan tujuan awal Salma Radio sebagai media dakwah. } }