TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Asrori Saud. M.Si. ID - digilib11614 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11614/ A1 - IIS PURNAMA WATI, NIM. 08420036 Y1 - 2013/10/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi siswi kelas II Tsanawiyah dalam menulis bahasa arab pada aspek Iml? di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Untuk mengetahui proses pembelajaran Iml? kelas II Tsanawiyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri. Selain itu untuk mengetahui prestasi siswi dalam menulis bahasa arab kelas II Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta,dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswi. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran Bahasa Arab umumnya, dan khususnya di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri sendiri sebagai tempat dilakukanya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penentuan subyek yaitu: (siswi kelas II Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putri, Kepala Madrasah dan wakilnya serta karyawan, ibu guru pemegang bidang studi Iml? dictation). Dan metode pengumpulan data yaitu: (observasi, interview, angket, dokumentasi) analisis dilakukan dengan metode analisa kualitatif dan metode analisa kuantitatif sebagai penguat. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Prestasi Siswi kelas II Tsanawiyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dalam menulis Bahasa Arab yang telah dianalisa yaitu dengan nilai rata-rata 75, nilai rata-rata tersebut dapat di interprestasikan bahwa kemampuan Iml? dapat dikategorikan baik atau mampu. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Presstasi Siswi dalam menulis Iml?di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta adalah: 1) Faktor minat siswa yang tinggi terhadap pelajaran Iml?. 2) Faktor kebiasaan siswi yang baik di luar sekolah sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswi. 3) Faktor fasilitas sekolah yang memadai sehingga sangat menunjang proses belajar mengajar Iml? di lingkugan sekolah. 4) Faktor kemampuan guru yang baik dan jelas dalam hal menagajar. 5) Faktor pengetahuan tambahan siswi yang baik dalam belajar berbahasa dalam kesehariannya dan diikuti dengan kegiatan yang padat di asrama putri, keterampilan siswi dalam menulis bahasa arab sudah baik karena dengan adanya bidang studi imla atau dictation tersendiri siswi di pastikan banyak latihan, selain itu adanya pembelajaran kaidah-kaidah penerapan dalam menulis bahasa Arab. Bahasa adalah kepentingan tersendiri bagi kita jika kita menggunakan bahasa itu setiap saat maka tidak ada kesulitan dalam menulis bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Menulis KW - bahasa Arab KW - imla' M1 - skripsi TI - PRESTASI MENULIS BAHASA ARAB PADA ASPEK IML? DI PONDOK PESATREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA Tahun Ajaran 2012/2013 AV - restricted EP - 158 ER -