@phdthesis{digilib11615, month = {October}, title = {KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB MTs N SUMBERAGUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2012-2013}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08420057 IMANISSA ARTI NUSANTI}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc, MA.}, keywords = {pedagogik, mtsn sumberagung}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11615/}, abstract = {Imanissa Arti Nusanti, Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab MTs N Sumberagung Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa guru dalam mata pelajaran bahasa Arab berasal dari non kependidikan dan bukan jurusan bahasa Arab. Guru yang tidak berkompeten merupakan salah satu penyebab faktor rendahnya mutu pendidikan. Maka penelitian ini meneliti tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs N Sumberagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru bahasa Arab dan implementasinya dalam pembelajaran di MTs N Sumberagung meliputi: kompetensi dasar mengajar, dan implementasi kompetensi pedagogik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru bahasa Arab di MTs N Sumberagung adalah menguasai karakteristik siswa, menyelenggarakan evaluasi dan penilaian, melakukan tindakan reflektif dalam pembelajaran, komunikasi yang baik dengan siswa dan memfasilitasi pengembangan potensi siswa. 2. Implementasi kompetensi pedagogik guru bahasa Arab meliputi: a. Menguasai karakteristik siswa dengan cara lebih sering memberikan latihan kepada siswa yang kurang lancar dalam membaca bahasa Arab; b. Mengevaluasi dengan cara melaksanakan ulangan harian secara rutin setiap tema pembahasan; c. Melakukan tindakan reflektif dengan cara mengadakan remidial bagi siswa yang nilainya tidak memenuhi standar; d. Berkomunikasi dengan baik ditandai dengan sering mengadakan tanya jawab dalam pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas; e. Memfasilitasi pengembangan potensi siswa dengan cara melatih siswa yang akan mengikuti lomba dalam bidang bahasa Arab.} }