TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H.A Janan Asifudin,M.A. ID - digilib11617 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11617/ A1 - ISNAINI FATHUL LATIFAH, NIM. 09420090 Y1 - 2013/11/01/ N2 - ISNAINI FATHUL LATIFAH, Persepsi mahasiswa terhadap ujian harian dalam pembelajaran Al-kalam di jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap ujian harian dalam pembelajaran Al-kalam di jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan menggunakan logika ilmiah induktif yang kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : bahwa 77,8 % mahasiswa mengaku perlu diadakan ujian harian, Hasil wawancara tertulis menunjukkan bahwa pengakuan mahasiswa dengan adanya ujian harian dapat meningkatkan bahasa Arab produktif yakni maharatul kalam mereka 66,7 % mahasiswa mengaku pembelajaran Al-kalam III sudah efektif dengan adanya ujian harian (evaluasi) dan dengan presentasi yang sama kemampuan Al-kalam yakni 66,7 % mahasiswa mengaku adanya ujian harian yang diberikan dosen kepada mereka, kemampuan maharatul kalam mereka mengalami peningkatan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - al kalam KW - ujian harian M1 - skripsi TI - PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP UJIAN HARIAN DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 115 ER -