eprintid: 11623 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/16/23 datestamp: 2014-04-03 06:23:22 lastmod: 2015-12-03 05:40:27 status_changed: 2014-04-03 06:23:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI EKA HARDIYATI , NIM. 09240042 title: STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH SYARIAH (BANK BPD SYARIAH) CABANG CIK DITIRO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Strategi Relationship Marketing, Bank BPD DIY Syariah yogyakarta note: Pembimbing : M.Toriq Nurmadiansyah, M.Si. abstract: Relationship marketing merupakan pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan. Serta menyediakan pendekatan yang akan membantu perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan dan perusahaan lain yang berkaitan dalam proses bisnis Perusahaan pada umumnya memfokuskan pemasarannya pada penjualan dan perekrutan pelanggan baru, padahal konsep pemasaran menyebutkan bahwa kunci kesuksesan sebuah perusahaan terletak pada bagaimana perusahaan meletakan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan pada pelanggan melebihi pesaing. Bank BPD DIY Syariah sebagai Badan Usaha Milik Daerah harus dapat meningkatkan kepuasan nasabah yang pada akhirnya mempertahankan loyalitas nasabah. Sehingga dalam hal ini Bank BPD DIY Syrai’ah dirasa perlu mengikuti perkembangan strategi pemasaran yang telah berkembang pesat tersebut. Yaitu dengan menerapkan Strategi Relationship marketing dengan harapan dapat mempertahankan loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana strategi relationship marketing yang diterapkan oleh Bank BPD DIY Syariah dengan analisis meningkatkan kepuasan dan Loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian pimpinan Bank BPD DIY Syariah, karyawan dan nasabah. Metode penengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan metode trianggulasi untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank BPD DIY Syariah telah menerapkan strategi relationship marketing dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabahnya, ditunjukkan dengan perkembangan kualitas pelayanan serta kualitas produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nasabah Bank BPD DIY Syariah dari tahun ke tahun. date: 2014-01-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI EKA HARDIYATI , NIM. 09240042 (2014) STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH SYARIAH (BANK BPD SYARIAH) CABANG CIK DITIRO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11623/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11623/2/BAB%20II%2C%20III.pdf