@phdthesis{digilib11630, month = {October}, title = {PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 2 MATARAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 06410112 JUNAEDI DERAJAT}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.}, keywords = {akidah akhlak, karakter}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11630/}, abstract = {Dalam lingkungan keluarga, orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina kepribadian dan membentuk karakter generasi bangsa, khususnya anak-anak mereka, dalam lingkungan sosial masyarakat juga mempunyai andil dalam membina kepribadian dan membentuk karakter generasi muda, sedangkan dalam lingkungan sekolah, guru yang mempunyai tugas dan wewenang dalam membina dan membentuk karakter siswa, yaitu karakter yang seluruh aspek-aspeknya yakni baik tingkah laku luarnya, kegiatan-kegiatan jiwanya, maupun filsafat hidup dan kepercayaannya menunjukkan pengabdian kepada Allah SWT. Kenyataan tersebut memberikan peluang bagi seorang guru untuk memberikan perannya dalam usaha membentuk karakter siswa. Guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab untuk memberi pertolongan pada peserta didiknya dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai tingkat kedewasaannya, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai hamba dan khalifah Allah SWT, serta mampu melaksanakan tugas sebagai mahluk sosial dan sebagai mahluk individu yang mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri 2 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru akidah akhlak di MTs Negeri 2 Mataram dalam membentuk karakter siswa di MTs Negeri 2 Mataram sangat banyak sekali namun yang paling menonjol antara lain adalah, peran sebagai perencana, peran sebagai pembimbing, peran sebagai organisator dan peran sebagai konselor. Sebagai perencana peran guru akidah akhlak nampak dalam perencanaannya dalam memaksimalkan materi yang meliputi planning, proses pembelajaran, manajemen kelas dan assessement. Sebagai pembimbing nampak dalam bimbingan yang diberikan kepada siswa didalam kelas maupun diluar kelas. Sebagai konselor nampak dalam bantuan yang diberikan kepada siswa ketika mereka mendapatkan masalah didalam belajarnya. Sebagai organisator nampak dari usahanya dalam menciptakan proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, efektif dan efisien. (2) Cara guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa-siswi di MTs Negeri 2 Mataram adalah dengan cara penanaman nilai-nilai karakter secara umum, nilai-nilai yang dimaksud yaitu, nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kereatif, nilai kemandirian, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab. Di MTs Negeri 2 Mataram penanaman 18 nilai karakter secara umum tersebut sudah terpenuhi semua walaupun belum sempurna prosesnya baik dalam proses KBM di kelas maupun dalam lingkungan sekolah.} }