@phdthesis{digilib11632, month = {October}, title = {UPAYA GURU MENJEMBATANI PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09480031 KHUSNI NURROKHMAN}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Eva Latipah, M. Si.}, keywords = {Upaya Guru, Kesulitan Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11632/}, abstract = {Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membutuhkan penanganan khusus yang tepat sehingga peserta didik mampu memahami pelajaran tanpa mengalami kesulitan. Masalah kesulitan belajar merupakan disiplin yang dinamik yang selalu berubah dengan kemajuan iptek dan perubahan dalam masyarakat. Untuk kurun waktu yang lama faktor intelektual, emosional, lingkungan atau motivasi dinyatakan sebagai faktor kegagalan prestasi anak.Keragaman jenis kesulitan belajar yang dialami seorang anak memang harus diklasifikasikan dengan cermat. Pada kenyataannya, kesulitan belajar yang satu sering dibarengi oleh kesulitan belajar yang lain sehingga mengakibatkan tumpang tindih antar kesulitan belajar.Untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik maka salah satu pihak yang berkewajiban memberikan sarana untuk pelayanan terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran adalah pendidik.Latar belakang pendidikan, faktor keluarga, dan juga faktor dalam diri peserta didik serta banyak faktor lainnya yang menghambat belajar mereka, sehingga menjadi terganggu. Di MIN Patuk Gunungkidul terdapat peserta didik yang didagnosa mengalami kesulitian belajar, hal ini didasarkan pada tes IQ yang telah dilaksanakan oleh MIN Patuk Gunungkidul pada hari Senin, 1 Oktober 2012. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami peserta didik di MIN Patuk Gunungkidul, 2) Upaya guru menjembatani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di MIN Patuk Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Dengan subyek penelitian peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di MIN Patuk Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat beberapa jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik di MIN Patuk Gunungkidul yaitu kesulitan membaca, menulis, memahami makna kalimat, konsentrasi, dan semangat belajar yang rendah. 2) Upaya yang dilakukan guru untuk menjembatani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan pendekatan, pendampingan individual, peringatan, pemberian motivasi, pemberian PR, dan komunikasi dengan orang tua atau wali. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar} }