@phdthesis{digilib11634, month = {November}, title = {PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410227 LATIFATUNNISAK}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si.}, keywords = {Kecerdasan Emosional, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11634/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dunia pendidikan sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan tersebut yang menunjukkan sikap kurang terpuji. Banyak pelajar yang terlibat tawuran. Hal ini karena proses pembelajaran hanya menitik beratkan kecerdasan intelektual saja, padahal kecerdasan emosional sangatlah berpengaruh dalam membentuk manusia yang sempurna. Melihat hal tersebut Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosional dalam setiap pembelajaran dan kegiatan lain di Madrasah sebagai upaya untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru Pendidikan Agama Islam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari proses tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan pengembangan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pengembangan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean berupa tanggung jawab, kemandirian, empati, hubungan sosial, jujur. (2) Faktor pendukung pengembangan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean adalah Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik, sarana dan prasarana yang memadai dan siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya perbedaan latar belakang siswa, adanya siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas yang diberikan, dan ada juga beberapa siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Key Word: Kecerdasan Emosional, Pendidikan Agama Islam} }