@phdthesis{digilib11645, month = {November}, title = {IMPLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN MENTORING TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TELADAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410205 LENI NURMAWATI}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Suyadi, M.A.}, keywords = {Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Pendidikan Agama Islam, Mentoring.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11645/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah maraknya kenakalan remaja yang semakin memprihatinkan seperti tawuran antar pelajar, pelajar membolos sekolah di jam pelajaran. Sehingga peneliti mencoba mencari solusi bagaimana caranya untuk mengurangi hal-hal negative tersebut dikalangan pelajar dengan melakukan penelitian di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta yang pelajar pilihan yang mempunyai kecerdasan intelektual diatas rata-rata. Banyaknya kegiatan ekstra kulikuler di SMA Teladan tersebut dapat mencegah hal-hal negative yang dapat merugikan pelajar, sehingga dapat dicontoh oleh pelajar dari sekolah-sekolah lain. Salah satunya kegiatan mentoring yang menanamkan nilai-nilai ajaran Islam sehingga siswa tau apa tanggungjawabnya sebagai pelajar dan sebagai umat beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek kegiatan mentoring agama Islam di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual melalui kegiatan mentoring di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses kegiatan mentoringdi SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta, secara garis besar dimulai dari pembukaan, tilawah, games, cermah, quiz, dan penutup. Metode yang digunakan dalam kegiatan mentoring adalah Metode Ceramah, Diskusi, Games, Nonton Film, dan Rihlah. Metode-metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga mentor dituntut untuk kreatif dalam memadukan metode tersebut sesuai dengan materi yang di sampaikan. (2) Implikasi kegiatan mentoring agama Islam terhadap kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta yang berdasarkan Asmaul Husna atau 99 Sifat Tuhan, terdapat tujuh nilai dasar kecerdasan emosional dan spiritual yang harus dijunjung tinggi sebagai pengabdian manusia kepada sifat Tuhan yang terletak pada Got Spot yaitu: Jujur, Tanggung jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Pendidikan Agama Islam, Mentoring.} }