@phdthesis{digilib11646, month = {January}, title = {UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09220082 VIRA WAHYUNINGRUM}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Abror Sodik, M.Si.}, keywords = {Kata Kunci : Upaya Motivasi Belajar, Siswa Berkebutuhan Khusus Pembimbing :}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11646/}, abstract = {Judul yang peneliti angkat di sini yaitu ?Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan usaha guru Bimbingan dan Konseling dalam mendorong kegiatan belajar bagi siswa berkebutuhan khusus di SMA N 1 Sewon. Sedangkan manfaat penelitian ini secara teoritis yaitu untuk menambah khasanah keilmuan, mengembangkan ilmu Bimbingan Konseling Islam, terutama terkait dengan motivasi belajar khususnya untuk siswa berkebutuhan khusus. Adapun manfaat secara praktisnya penelitian ini bermanfaat untuk membantu memberikan wawasan keilmuan bagi kemajuan guru Bimbingan dan Konseling di SMA N 1 Sewon, dalam melakukan usaha dorongan belajar terhadap siswa berkebutuhan khusus serta memberikan wawasan keilmuan pada dunia pengetahuan khususnya di bidang motivasi belajar dan memberikan informasi kepada para pembaca. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru Bimbingan dan Konseling dan empat siswa berkebutuhan khusus di SMA N 1 Sewon. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Adapun langkahnya adalah peneliti mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian data itu dianalisa dan dijelaskan sesuai dengan fakta yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai bimbingan yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus yang memakai sistem pendidikan inklusif merupakan bantuan yang diperlukan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar yang memilki keterbatasan dalam indera penglihatan dan pendengarannya. Sedangkan upaya yang guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan membantu siswa dalam menyesuiakan diri dengan lingkungan sekolah, mengajarkan siswa untuk saling menghargai martabat, mengajarkan siswa untuk bersifat empatik, membantu siswa untuk mengembangkan pribadi dan sosial dan memberikan perhatian terhadap pribadi anak. Sedangkan hasil dari upaya peningkatan motivasi belajar bagi siswa berkebutuhan khusus yaitu siswa mampu menerima kondisinya tersebut tanpa memandang kekurangannya dan mensyukuri semua yang telah diberikan Allah SWT, dengan bimbingan tersebut siswa berkebutuhan khusus sangat terbantu dan terdorong untuk selalu tetap belajar meski memiliki kekurangan dalam segi fisik sehingga dengan adanya bimbingan itu dapat membantu meningkatkan motivasi belajar.} }