%0 Thesis %9 Skripsi %A M. ISROFIANTO, NIM. 08470008 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:11658 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Humanisasi, dehumanisasi, Ki Hadjar Dewantara. %P 130 %T PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN HUMANISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH (TELAAH PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatianan penulis terhadapa praktik pendidikan dan pembelajaran yang berlangsung selama ini, yang tanpa disadari sedang mengalami de-humanisme. Hal ini ditandai dengan proses pembelajaran yang masih cenderung memperlakukan peserta didik tidak lebih sebagai pelayan, dengan menempatkan posisi pendidik sebagai tuanya. Atas dasar itulah, penulis menganggap perlu adanya terobosan baru dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep pendidikan humanis didasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, serta (2) mengetahui peran guru dalam pengembangan humanisasi di sekolah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta metode analisa menggunakan content analysis atau analisis isi. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa (1) proses pendidikan didasarkan pada pemahaman bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki potensi dalam diri mereka sehingga hakekat pendidikan adalah mengarahkan potensi tersebut agar lebih bermanfaat bagi manusia. Sedangkan cara untuk mengembalikan aspek-aspek humanis dalam pendidikan adalah (a) pemahaman bahwa manusia memiliki potensi dalam diri mereka yang perlu dikembangkan, (b) tujuan dari pendidikan adalah mengarahkan potensi peserta didik sebagai bekal kehidupan mereka, (c) pendidik tidak hanya mengajarkan suatu ilmu pengetahuan namun juga mempraktekan ilmu yang bisa dicontoh dalam kehidupan nyata, (d) metode yang digunakan dalam proses pendidikan harus memberikan ruang agar terjadi proses dialogis antara peserta didik dan pendidik. (2) konsep pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara lebih mengedepankan azaz kekeluargaan. Kata Kunci : Humanisasi, dehumanisasi, Ki Hadjar Dewantara. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU