eprintid: 11658 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/16/58 datestamp: 2014-04-04 03:33:10 lastmod: 2014-04-04 03:33:10 status_changed: 2014-04-04 03:33:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. ISROFIANTO, NIM. 08470008 title: PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN HUMANISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH (TELAAH PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Humanisasi, dehumanisasi, Ki Hadjar Dewantara. note: Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatianan penulis terhadapa praktik pendidikan dan pembelajaran yang berlangsung selama ini, yang tanpa disadari sedang mengalami de-humanisme. Hal ini ditandai dengan proses pembelajaran yang masih cenderung memperlakukan peserta didik tidak lebih sebagai pelayan, dengan menempatkan posisi pendidik sebagai tuanya. Atas dasar itulah, penulis menganggap perlu adanya terobosan baru dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep pendidikan humanis didasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, serta (2) mengetahui peran guru dalam pengembangan humanisasi di sekolah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta metode analisa menggunakan content analysis atau analisis isi. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa (1) proses pendidikan didasarkan pada pemahaman bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki potensi dalam diri mereka sehingga hakekat pendidikan adalah mengarahkan potensi tersebut agar lebih bermanfaat bagi manusia. Sedangkan cara untuk mengembalikan aspek-aspek humanis dalam pendidikan adalah (a) pemahaman bahwa manusia memiliki potensi dalam diri mereka yang perlu dikembangkan, (b) tujuan dari pendidikan adalah mengarahkan potensi peserta didik sebagai bekal kehidupan mereka, (c) pendidik tidak hanya mengajarkan suatu ilmu pengetahuan namun juga mempraktekan ilmu yang bisa dicontoh dalam kehidupan nyata, (d) metode yang digunakan dalam proses pendidikan harus memberikan ruang agar terjadi proses dialogis antara peserta didik dan pendidik. (2) konsep pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara lebih mengedepankan azaz kekeluargaan. Kata Kunci : Humanisasi, dehumanisasi, Ki Hadjar Dewantara. date: 2013-11-01 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: M. ISROFIANTO, NIM. 08470008 (2013) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN HUMANISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH (TELAAH PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/11/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/12/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/13/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/14/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/17/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/18/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/19/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/20/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/21/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/22/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/23/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11658/24/small.jpg