@phdthesis{digilib11711, month = {February}, title = {KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN (LECTURE, INFORMATION SEARCH, POSTER SESSION, DAN EVERYONE IS A TEACHER HERE) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 10411076 NOFI WIDIYANTI}, year = {2014}, keywords = {Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11711/}, abstract = {NOFI WIDIYANTI, Kombinasi Strategi Pembelajaran (Lecture, Information Search, Poster Session, dan Everyone Is A Teacher Here) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMP N 3 Tempel Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidika Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Pada kenyataannya guru PAI di SMP N 3 Tempel masih jarang menggunakan strategi pembelajaran dalam KBM, sehingga minat belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang Kombinasi Strategi Pembelajaran (Lecture, Information Search, Poster Session, dan Everyone Is A Teacher Here) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui minat belajar peserta didik SMP N 3 Tempel terhadap pembalajaran PAI sebelum kombinasi strategi pembelajaran diterapkan. 2) Menjelaskan penerapan kombinasi strategi pembelajaran Lecture, Information Search, Poster Session, dan Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran PAI. dan 3) Menguji secara empiris penerapan kombinasi strategi pembelajaran dalam meningkatkan minat peserta didik. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP N 3 Tempel. Teknik pengambilan subyek yang digunakan adalah sampling sistematis, yaitu teknik pengambilan subyek berdasarkan kelas yang peserta didiknya mempunyai minat belajar paling rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket skala minat belajar. Analisi data meliputi analisi deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Minat peserta didik sebelum diterapkan kombinasi strategi pembelajaraan Lecture, Information Search, Poster Session, dan Everyone Is A Teacher Here adalah rendah. 2) Penerapan Kombinasi strategi pembelajaran Lecture, Information Search, Poster Session, dan Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran PAI berlangsung secara efektif dan efisien sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). dan 3) Terdapat peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI sesudah kombinasi strategi pembelajaran diterapkan dengan hasil uji-t -7,234 (dari hasil angket) dan -13,377 (dari hasil observasi) dengan taraf signifikansi yang sama yaitu 0,000. } }