<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n"^^ . "Manusia dicipta dan dilahirkan ke dunia ini dibekali dengan naluri keindahan.\r\nNaluri keindahan atau naluri estetis ini adalah anugerah Tuhan yang tak terkira yang\r\npernah Ia berikan pada ciptaannya. Dengan naluri estetis atau naluri puitis ini\r\nmanusia dapat merasakan pengalaman yang lain dalam jiwanya saat melihat dan\r\nmendengar realitas apapun yang ada di luar dirinya. Pengalaman lain tersebut, bagi\r\nsebagian manusia lain (penyair), menjadi ilham tersendiri bagi munculnya sebuah\r\nlaku kebudayaan. Laku kebudayaan yang dimaksud penulis di sini adalah ketika\r\nmanusia mewujudkan pengalaman lain dari naluri estetis dan puitis tersebut ke dalam\r\nsebuah aktivitas kreatif bernama menulis puisi. Dalam konteks ini, menulis puisi\r\nkemudian menjadi sebuah kenicayaan bagi manusia yang memiliki kepekaan dan\r\nkemampuan untuk mewujudkan naluri puitis tersebut. Tapi, ketika di satu sisi\r\nmanusia ingin menuliskan keindahan tersebut dalam bentuk puisi, di sisi lain ada\r\nketentuan atau norma agama (al-Qur’an) yang melarang manusia untuk mengikuti—\r\nkebebasan—imajinasinya. Di satu sisi penyair dikecam, di sisi lain ia dipuji dan\r\nmendapat penghargaan istimewa dari al-Qur’an. Fenomena inilah yang memantik dan\r\nmengundang penulis untuk melakukan sebuah penelitian tentang sosok penyair\r\nsebagaiman digambarkan dalam al-Qur’an.\r\nPenelitian ini menggunakan metode analisis isi-deskriptif untuk mengkaji QS.\r\nasy-Syu’ara ayat 224-227 yang menjadi kajian utamanya. Dengan metode ini,\r\npenulis mencoba menelaah bagaimana pandangan serta kategorisasi al-Qur’an tentang\r\nsosok penyair sebagaimana tersurat dalam empat ayat tersebut. Untuk melakukan\r\ntelaah dengan metode tersebut, penulis menggunakan penafsiran para mufassir dalam\r\nbeberapa kitab tafsir, hadis, serta rujukan-rujukan ilmiah lain yang berkaitan dengan\r\ntema kajian.\r\nDari penelitian ini, dapat diketahui bahwa ada beberapa yang disampaikan al-\r\nQur’an dalam QS. al-Syu’ara’ ayat 224-227 ini. Pertama, al-Qur’an mengecam para\r\npenyair yang hanya berasyik-masyuk dengan kata-kata, tenggelam ke dalam\r\nlamunannya sendiri. Penyair-penyair tipe ini, menurut al-Qur’an, tidak layak\r\ndijadikan panutan. Kedua, al-Qur’an memuji sekelompok penyair yang beriman.\r\nIman yang berisi prinsip-prinsip tauhid serta prinsip-prinsip kebenaran tersebut\r\nmenjadi pijakan dalam mereka menulis puisi yang kemudian pada akhirnya\r\ndiwujudkan dalam tindakan sosial untuk masyarakat, kaum maupun bangsanya.\r\nPenyair-penyair tipe ini mendapatkan tempat yang istimewa dalam al-Qur’an, karena\r\ndengan puisinya, mereka punya kontribusi positif bagi masyarakatnya. Landasan\r\niman dalam jiwanya menjadi dasar mereka dalam berkarya, sehingga, puisi-puisinya\r\npenuh dengan kebaikan dan kebijaksanaan, atau bahkan sebuah tuntuna menuju\r\nkebanaran (Tuhan). Ketiga, al-Qur’an tidak membenci penyair dan laku\r\nkepenyairannya, al-Qur’an bahkan memberikan pujian dan penghargaan bagi para\r\npenyair yang beriman dan imannya diwujudkan dengan amal saleh berupa tindakan\r\nsosial untuk masyarakatnya. Dalam hal ini, Karena dalam jiwa penyair-penyair\r\ntersebut tertanam keimanan, maka puisi-puisi yang mereka tuliskan pun akan berisi\r\nuntaian-untaian hikmah dan kebaikan. al-Qur’an mengecam penyair yang puisipuisinya\r\nmengandung nilai-nilai keburukan dan kesesatan. Sedangkan penyair yang\r\npuisi-puisinya mengandung pesan-pesan kebenaran, kebaikan dan kebijaksanaan akan\r\nmendapat penghargaan tempat yang istimewa dalam al-Qur’an.\r\n"^^ . "2014-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08530024"^^ . "ACHMAD FAQIH "^^ . "NIM. 08530024 ACHMAD FAQIH "^^ . . . . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Text)"^^ . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENYAIR DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11724 \n\nPENYAIR DALAM AL-QUR’AN \n(PENAFSIRAN ATAS QS. ASY-SYU’ARA’ AYAT 224-227) \n\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .