%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD MUJIB, NIM. 06470078 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:11728 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K penggunaan internet, media belajar, hasil belajar %P 111 %T PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11728/ %X Penelitian ini dilakukan pertama, untuk mengetahui seperti apa penggunaan internet di kalangan siswa sekolah menengah atas di kota Yogyakarta saat ini. Kedua, untuk mengetahui bagaimana pola hubungan penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar yang dicapai. Ketiga, untuk menganalisa seberapa besar pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Yogyakarta, dengan responden yang diambil sebesar 184 orang yang berasal dari siswa-siswi Sekolah Menengah Atas di kota Yogyakarta. Pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling atau pengambilan responden secara acak sederhana berdasarkan random table. Variabel independen yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan internet sebagai media belajar dan variabel dipendennya adalah hasil belajar. Metode analisa yang digunakan meliputi analisa statistik deskriptif (frekuensi dan tabel silang) dan statistik inferensial (korelasi dan regresi) dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences). Hasil analisa frekuensi menunjukan bahwa penggunakan internet dikalangan siswa SMA di Yogyakarta cenderung ke arah positif. Artinya mayoritas responden menggunakan internet untuk hal-hal yang positif dalam hal ini adalah sebagai media belajar. Walaupu demikian masih ada kecendrungan dari responden untuk menggunakan internet ke arah yang negatif seperti menggunakan internet hanya sebatas mencari hiburan semata (gaming). Kemudian, hasil analisa tabel silang menunjukan pola hubungan yang terjadi antara penggunaan internet sebagai media belajar dan hasil belajar adalah positif dan signifikan. Hal ini didasarkan pada mayoritas responden yang memperoleh hasil belajar tidak memuaskan adalah mereka yang jarang menggunakan internet sebagai media belajar. Sebaliknya, mayoritas repoden yang memperoleh hasil belajar memuaskan adalah mereka yang memiliki intensitas tinggi dalam menggunakan internet seagai media belajar. Besarnya hubungan yang terjadi antara kedua variabel tersebut adalah kuat ( 0.696 ). Di sisi lain besarnya pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar adalah 30% apabila ada kenaikan intensitas penggunaan internet sebagai media belajar sebesar 1%. Angka signifikansi koefisien regresi variabel penggunaan internet sebagai media belajar sebesar 0.00 yang ternyata lebih kecil dari 0.05 yang berarti pada angka kepercayaan 95% ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar yang dicapai. Kata kunci : penggunaan internet, media belajar, hasil belajar %Z Pembimbing: Dr. Rinduan Zain, S.Ag, M.A.