eprintid: 11735 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/17/35 datestamp: 2014-04-11 00:34:08 lastmod: 2017-05-02 06:21:35 status_changed: 2014-04-11 00:34:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSLIMAH, NIM. 09420149 title: PENGEMBANGAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran Bahasa Arab Pocket Book, Belajar Mandiri. note: Pembimbing: Nurhadi, M.A abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab dalam bentuk pocket book untuk kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan untuk mengetahui kelayakan media bahasa Arab berbasis pocket book berdasarkan penilaian guru bahasa Arab SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan respon 20 peserta didik SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Desain), Produksi (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Prosedur penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan Produksi (Development). Produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan direspon oleh 20 peserta didik SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) untuk melihat kualitas produk dan angket respon peserta didik untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap produk. Hasil penelitian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran Bahasa Arab berbasis pocket book dengan materi pokok bahasa Ad Dirį¾±sah. Berdasarkan hasil penelitian, menurut guru bahasa Arab SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, media pocket book memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 94%. Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 20 peserta didik yaitu Positif dengan persentase 79,95%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab dalam bentuk pocket book ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Kata kunci : Media Pembelajaran Bahasa Arab Pocket Book, Belajar Mandiri. date: 2013-10-28 date_type: published pages: 141 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUSLIMAH, NIM. 09420149 (2013) PENGEMBANGAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11735/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11735/2/BAB%20II%2C%20III.pdf